PENGGUNAAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD

  • abdul rosyid

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan
metakognitif. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya kemampuan berpikir
kritis untuk dimiliki mahasiswa, namun kenyataan di lapangan masih menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir kritis ini masih tergolong rendah. Penelitian eksperimen
dengan desain yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek
penelitian adalah mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang Provinsi Jawa Barat
sebagai kelompok eksperimen, dan mahasiswa PGSD UPI Kampus Serang Provinsi
Banten sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, mahasiswa
mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif, sedangkan
pada kelompok kontrol, mahasiswa mendapatkan pembelajaran konvensional. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen berupa tes
kemampuan berpikir kritis, angket skala sikap mahasiswa,pedoman
wawancara,lembar observasi,jurnal,dan daftar isian untuk dosen. Analisis data
dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil
tes untuk melihat perbedaan rerata antara dua kelompok sampel. Sedangkan analisis
kualitatif digunakan untuk menelaah aktivitas pembelajaran, sikap mahasiswa dan
pandangan dosen terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil
analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang
belajar dengan menggunakan pendekatan metakognitif lebih baik daripada
mahasiswa yang belajar secara konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
rosyid, abdul. (2016). PENGGUNAAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 104-118. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/140
Abstract viewed = 43 times

Most read articles by the same author(s)

> >>