PENGGUNAAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan
metakognitif. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya kemampuan berpikir
kritis untuk dimiliki mahasiswa, namun kenyataan di lapangan masih menunjukkan
bahwa kemampuan berpikir kritis ini masih tergolong rendah. Penelitian eksperimen
dengan desain yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek
penelitian adalah mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang Provinsi Jawa Barat
sebagai kelompok eksperimen, dan mahasiswa PGSD UPI Kampus Serang Provinsi
Banten sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, mahasiswa
mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif, sedangkan
pada kelompok kontrol, mahasiswa mendapatkan pembelajaran konvensional. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen berupa tes
kemampuan berpikir kritis, angket skala sikap mahasiswa,pedoman
wawancara,lembar observasi,jurnal,dan daftar isian untuk dosen. Analisis data
dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil
tes untuk melihat perbedaan rerata antara dua kelompok sampel. Sedangkan analisis
kualitatif digunakan untuk menelaah aktivitas pembelajaran, sikap mahasiswa dan
pandangan dosen terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil
analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang
belajar dengan menggunakan pendekatan metakognitif lebih baik daripada
mahasiswa yang belajar secara konvensional.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.