ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA PTIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

  • Evan Farhan Wahyu Puadi

Abstract

Kemampuan koneksi matematis mahasiswa mayoritas belum optimal dalam
mempelajari matematika diskrit yang merupakan salah satu dasar teori yang
mendukung ilmu komputer. Sementara itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer
umumnya masih menganggap bahwa matematika diskrit adalah mata kuliah yang
terparsialkan dari ilmu komputer, sehingga untuk mengubah kenyataan tersebut,
diperlukan suatu inovasi dalam perkuliahan, salah satunya adalah dengan
mengaplikasikan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang
memperoleh pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi sistem Informasi di Indonesia, yang setingkat mutunya dengan program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang jika dilihat dari nilai akreditasi BAN-PT, dan Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang yang mengambil mata kuliah Matematika Diskrit (mata kuliah wajib yang diberikan di semester II). Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok mahasiswa yang yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian berbentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapatkan perkuliahan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Keywords: pembelajaran berbasis masalah, kemampuan koneksi matematis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-28
How to Cite
Puadi, E. F. W. (2017). ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA PTIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 85-103. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139
Abstract viewed = 599 times

Most read articles by the same author(s)

> >>