Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Daring untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan soft skill antara siswa yang diberi model pembelajaran generatif dengan pendekatan kontekstual, dan siswa yang diberi metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperiment dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Insan Kreasi. Sampel berjumlah 65 siswa, dengan 34 siswa pada grup eksperimen dan 31 siswa pada grup kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan acak kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan soft skill siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan pendekatan kontekstual, dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh yaitu , maka terdapat perbedaan yang signifikan antara skor postest soft skill siswa grup eksperimen dan siswa grup kontrol. Hasil uji n-gain diperoleh nilai grup eksperimen > nilai grup kontrol yaitu 0.255>0.031. Artinya terdapat peningkatan soft skill siswa siswa grup eksperimen dan grup kontrol
Downloads
References
Haryati, & Sudrajat. (2014). Model Pembelajaran Project Citizen Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sebagai Warga Negara Yang Baik. Prosiding Seminar Nasional dan Bedah Buku Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013
Klause,P. (tth). The hard truth about soft skills. Diunduh dari http://www.peggyklos.com pada 20 Mei 2020
Moma, L. 2015. Peningkatan soft skill siswa SMP melalui pembelajran generatif. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIV, No. 2
Nealy,C. (2005). Integrating soft skills Through active learning in the management classroom. Journal of Collage teaching & learning. Vol 2 number 4. April 2005.
Putra, G.P. 2017. Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 1, 2017, Hal 73 – 80
Putri., YE. Dkk 2019. Peningkatan Kualitas Hard Skill dan Soft Skill Melalui Pengembangan Program Teaching Factory (TEFA) di SMK Model PGRI 1 Mejayan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 7 No 2 Hal 26-33
Rani, E.M.S. (2010). Need and importance of soft skills in student. Vol,-II 3 Januari- Juni (Summer) 2010. Associate Professor in English, Sri Sarada College for Women, Salem- 636016
Sari, I.P, dkk. 2017. Pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 1, Juli 2017, hal. 19-32 P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216
Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media
Sumarno, U. dkk. 2017. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung. Riefka Aditama
Zulkarnain, I & Agustini Rahmawati. 2014. Model pembelajaran generatif untuk mengembangkan penalaran matematis siswa. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1, hlm 8 – 14.
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.