MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING

  • Dea Siti Fikriyah Ruangguru
  • Gitta Maharani SMK Bina Karya 1 Karawang
  • M. Gilang Agustian Nugraha SMP Negeri 1 Bayah
  • Melinda Putri Mubarika Pascasarjana Unpas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender; (2) Bagaimana kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender, (3) Apakah terdapat hubungan antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta kecemasan matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Metode penelitian menggunakan metode campuran (mixed methods) tipe embedded design. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, yaitu tes pemahaman matematis, sedangkan non tes yaitu observasi, wawancara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender; (2)  Siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning mempunyai tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat hubungan antara kecemasan matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Keywords: kecemasan matematis; pemahaman matematis; strategi Brain Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. 2011. Pengaruh Kecemasan (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 125-132.

Ardiyansah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Serta Kepercayaan Diri Belajar Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan).

Dahlan, T. 2015. Tesis. Kemampuan Pemahaman Matematis Komunikasi Matematis dan Kecemasan Matematis Siswa MTs dalam Brain Based Learning. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.

Fadliani, P. 2015. Tesis. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.

Fitria, M., Kartasasmita, B., & Supianti, I.I. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Prisma. 8(2): 124-134.

Hellum-Alexander, A. 2010. Effective Teaching Strategies for Alleviating Math Anxiety and Increasing Self-Efficacy in Secondary School. A Thesis submitted in partial fulfillment of the requirements for the degree Master in Teaching, The Evergreen State College.

Indrawan. R., Yaniawati. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Managemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kariadinata, R., Yaniawati, R. P., Sugilar, H., & Riyandani, D. 2019. Learning motivation and mathematical understanding of students of islamic junior high school through active knowledge sharing strategy. Infinity Journal,8(1), 31-42.

Maloney, E. A., and S. L. Beilock. 2012. “Math Anxiety: Who Has It, Why It Develops and How to Guard against It.” Trends in Cognitive Sciences. 16 (8): 404–406.

Rosmanita. 2014. Tesis. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Kemampaun Pemahaman Matematis dan Penurunan Kecemasan Matematika Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.

Setiani, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 3(1): 8-16.

Widyantara dkk. 2014. Pembelajaran berbasis otak berbantuan media visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa indonesia. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1): 1-10.

Qohar, A. 2011. Mathematical Communication: What And How To Develop It in Mathematics Learning?. Proceeding International, Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Yogyakarta: 21-23 Juli 2011.
Published
2021-12-10
How to Cite
Fikriyah, D. S., Maharani, G., Nugraha, M. G. A., & Mubarika, M. P. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 64-78. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1389
Abstract viewed = 58 times
pdf downloaded = 48 times