MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS MELALUI STRATEGI BRAIN BASED LEARNING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender; (2) Bagaimana kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender, (3) Apakah terdapat hubungan antara peningkatan kemampuan pemahaman matematis serta kecemasan matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Metode penelitian menggunakan metode campuran (mixed methods) tipe embedded design. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Pasundan 4 Bandung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, yaitu tes pemahaman matematis, sedangkan non tes yaitu observasi, wawancara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari perbedaan gender; (2) Siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi Brain Based Learning mempunyai tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat hubungan antara kecemasan matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Downloads
References
Ardiyansah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Serta Kepercayaan Diri Belajar Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan).
Dahlan, T. 2015. Tesis. Kemampuan Pemahaman Matematis Komunikasi Matematis dan Kecemasan Matematis Siswa MTs dalam Brain Based Learning. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.
Fadliani, P. 2015. Tesis. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.
Fitria, M., Kartasasmita, B., & Supianti, I.I. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Prisma. 8(2): 124-134.
Hellum-Alexander, A. 2010. Effective Teaching Strategies for Alleviating Math Anxiety and Increasing Self-Efficacy in Secondary School. A Thesis submitted in partial fulfillment of the requirements for the degree Master in Teaching, The Evergreen State College.
Indrawan. R., Yaniawati. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Managemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kariadinata, R., Yaniawati, R. P., Sugilar, H., & Riyandani, D. 2019. Learning motivation and mathematical understanding of students of islamic junior high school through active knowledge sharing strategy. Infinity Journal,8(1), 31-42.
Maloney, E. A., and S. L. Beilock. 2012. “Math Anxiety: Who Has It, Why It Develops and How to Guard against It.” Trends in Cognitive Sciences. 16 (8): 404–406.
Rosmanita. 2014. Tesis. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe The Power Of Two Terhadap Peningkatan Kemampaun Pemahaman Matematis dan Penurunan Kecemasan Matematika Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: tidak diterbitkan.
Setiani, A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 3(1): 8-16.
Widyantara dkk. 2014. Pembelajaran berbasis otak berbantuan media visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi bahasa indonesia. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1): 1-10.
Qohar, A. 2011. Mathematical Communication: What And How To Develop It in Mathematics Learning?. Proceeding International, Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Yogyakarta: 21-23 Juli 2011.
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.