DESAIN MODUL PERSAMAAN GARIS LURUS BERBASIS KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstract
Secara alamiah siswa mengalami situasi yang disebut dengan kesulitan belajar. Dalam mengidentifikasi kesulitan-kesulitan siswa saat mempelajari suatu materi, faktor yang sangat berkaitan adalah hambatan epistimologis. Pada dasarnya siswa mengalami kesulitan dalam menghubungkan grafik persamaan garis lurus melalui dua titik dengan menentukan persamaan garis lurus melalui dua titik, menentukan persamaan garis lurus melalui satu titik dengan gradien tertentu, menentukan nilai gradien melalui dua titik, mengungkapkan kembali definisi dan manfaat persamaan garis lurus dengan bahasa sehari-hari dan menafsirkan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari ke dalam bahasa dan simbol matematika. Selain itu siswa belum terbiasa menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis. Dengan demikian, perlu adanya suatu desain bahan ajar didaktis yang disusun berdasarkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan belajar siswa terkait materi persamaan garis lurus dan mendeskripsikan desain bahan ajar didaktis materi persamaan garis lurus berbasis komunikasi matematis. Desain didaktis yang dibuat berupa modul persamaan garis lurus untuk kelas VIII berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR) yaitu tahapan analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran dan tahapan metapedadidaktik. Pada tahapan analisis situasi didaktis menghasilkan learning obstacle, antisipasi didaktis bahan ajar berupa modul matematika berbasis komunikasi matematis dan hasil validasi bahan ajar (modul) oleh para ahli. Pada tahapan metapedidaktik diperoleh uji praktikalitas bahan ajar (modul) oleh 10 siswa SMP kelas VIII dan guru matematika.
Downloads
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyo, A. (2013). Panduan Teori Aplikasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Euis, S. (2011). Hambatan Epistimologis (Epistimological Obstacle) dalam Persamaan Kuadrat Pada Siswa Madrasah Aliyah : International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Yogyakarta.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hendriana dan Soemarmo. (2014). Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Reflika Aditama.
Isjoni. (2016). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Reflika Aditama.
Lidinillah, D. (2012). Design Research Sebagai Model Penelitian Pendidikan: a theoretical framework for action. Tasikmalaya : PGSD UPI.
Nisa dan Fardatun. (2010). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Skripsi UNESA Surabaya.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rosita, C.D. (2016). The Development Of Courseware Based On Mathematical Representations And Arguments In Number Theory Courses. Journal of Mathematics Education Volume 5, No. 2.
Sagala, S.( 2012). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono. (2012). Cooperative Learning, Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif : Kajian Sudut Pandang Teori Belajar Didaktik. Bandung: Jurnal Pendidikan Matematka FMIPA UPI.
Suryadi, D. 2010. Model Antisipasi dan Situasi Didaktis Dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Bandung: Jurnal Pendidikan Matematka FMIPA UPI.
Suryadi, D. (2010). Penelitian Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Karakter Bangsa.Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Yogyakarta.polyantum) sebagai antibakteri Escherichia coli. J. Media Peternakan. 30(1): 55-62.
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.Vol 1, 2013. ISSN 977-2338831.
Tanjungsari, R.D. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.