IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOP-COOP BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

  • Zuli Nuraeni

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan: pendekatan open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe coop-coop, pendekatan open-ended, dan pembelajaran konvensional. Subjek sampel diambil tiga kelas dari kelas XI yang ada di satu SMA Negeri di Kabupaten Kuningan. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil studi ini adalah: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pendekatan open-ended dengan belajar kooperatif tipe coop-coop lebih baik dibanding siswa memperoleh pendekatan open-ended, dan kemampuan pemecahan masalah matematik kedua sampel tersebut lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Ditinjau dari: pencapaian hasil belajar, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik.

Keywords: Open-Ended, Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
Nuraeni, Z. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOP-COOP BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 39-55. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/136
Abstract viewed = 13 times

Most read articles by the same author(s)

> >>