MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALOGI DAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

Studi Kasus Di Kelas X SMA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan

  • Inri Rahmawati
  • Evan Farhan Wahyu Puadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang positif antara Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kuningan 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acak sederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan pada kelas eksperimen sebanyak 39 orang siswa dan kelas kontrol sebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk menguji hipotesis statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan analogi dan generalisasi antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan analogi dan generalisasi siswa yang pembelajarannya menggunakan Guided Inquiry lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dimungkin bahwa peningkatan kemampuan representasi matematik siswa dipicu oleh model Guided Inquiry yang dalam pelaksanaan pembelajarannya selalu memperhatikan prisip dan karakteristik konstruktivis.

Keywords: Kemampuan Analogi, Kemampuan Generalisasi, Guided Inquiry

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
Rahmawati, I., & Puadi, E. F. W. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALOGI DAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 12-24. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/134
Abstract viewed = 289 times

Most read articles by the same author(s)

> >>