PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DILIHAT DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Studi Kasus Di Kelas VIII MTs Negeri Model Cigugur Kabupaten Kuningan)

  • Ricki Yuliardi
  • Zuli Nuraeni

Abstract

Penelitian dilakukan di kelas VIII MTs N Cigugur. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang ditentukan berdasarkan tes kemampuan matematika serta kebersediaan
dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai tugas masalah aljabar. Data yang diperoleh melalui wawancara berbasis tugas dicek keabsahannya dengan
menggunakan triangulasi waktu yaitu pemberian tugas masalah aljabar yang setara pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir aljabar menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang diperumum pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi indikator berpikir aljabar menemukan suku tertentu pada pola yang diberikan. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak memenuhi semua indikator berpikir aljabar. Berpikir aljabar siswa MTs berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan taksonomi SOLO yaitu untuk komponen pola pada level prestructural karena menggunakan informasi yang tidak relevan dan untuk komponen variabel pada level unistructural dengan menggunakan hanya satu bilangan tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-02
How to Cite
Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2016). PROFIL BERPIKIR ALJABAR SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DILIHAT DARI PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(1), 1-11. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/133
Abstract viewed = 52 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>