PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING DAN LEARNING (CTL)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa
yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional serta respon positif siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group
Design. Dari hasil postest pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh nilai thitung 15,30
kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,68 karena 15,30 > 1,68 maka H1
diterima, ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh
pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang
memperoleh pembelajaran konvensional. Kemudian besar peningkatan kemampuan
berpikir kritis kelas ekperimen dihitung dengan cara uji-gain didapatkan rata-rata
sebesar 0,71 dengan keriteria tinggi, ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen
kemampuan berpikir kritisnya meningkat setelah memperoleh pembelajaran dengan
pendekatan CTL. Selanjutnya, nilai rata-rata skor respon siswa terhadap
pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL adalah 69,2% yang menunjukkan
bahwa respon siswa terhadap pendekatan CTL sebagian besar siswa setuju dan
responnya positif.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.