PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING DAN LEARNING (CTL)

  • Rika Rostikaningsih
  • Uba Umbara
  • Irma Khamisah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa
yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional serta respon positif siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Postest Control Group
Design. Dari hasil postest pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh nilai thitung 15,30
kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,68 karena 15,30 > 1,68 maka H1
diterima, ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh
pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang
memperoleh pembelajaran konvensional. Kemudian besar peningkatan kemampuan
berpikir kritis kelas ekperimen dihitung dengan cara uji-gain didapatkan rata-rata
sebesar 0,71 dengan keriteria tinggi, ini menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen
kemampuan berpikir kritisnya meningkat setelah memperoleh pembelajaran dengan
pendekatan CTL. Selanjutnya, nilai rata-rata skor respon siswa terhadap
pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL adalah 69,2% yang menunjukkan
bahwa respon siswa terhadap pendekatan CTL sebagian besar siswa setuju dan
responnya positif.

Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Rostikaningsih, R., Umbara, U., & Khamisah, I. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING DAN LEARNING (CTL). JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 80-87. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/131
Abstract viewed = 147 times

Most read articles by the same author(s)

> >>