PROKRASTINASI AKADEMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prokrastinasi akademik siswa pada pembelajaran mateamtika siswa SMP kelas VIII terhadap aktivitas ekstrakurikuler siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Budi Mulya dengan jumlah 142 siswa dan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan siswa yang memiliki kegiatan ektrakurikuler (pondok pesantren) memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang sangat mempengaruhi yaitu faktor internal.
Downloads
References
Fauziah, H. H. (2016). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453
Hasratuddin. (2008). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. PHYTAGORAS, 4(1), 67–73.
Iven Kartadinata, S. T. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu Iven Kartadinata dan Sia Tjundjing. Indonesian Psychological Journal, 23(2), 109–119.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN,PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN, SIKAP DAN PENGETAHUAN. Jurnal Primary, 6, 389–396.
Liling, E. R., Nurcahyo, F. A., & Tanojo, K. L. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(2), 59. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i2.336
Marlina, M. (2015). PENGEMBANGAN PAKET MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS / SEDERAJAT TIME MANAGEMENT DEVELOPMENT PACKAGE TO REDUCE ACADEMIC PROCRASTINATION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT / EQUALS Mila Marlina. JURNAL BK UNESA, 5(3), 1–6.
Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Nuraeni, N.-, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Ramlah, Firmansyah, D., & Subair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal SOLUSI, 1(3), 68–75.
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57
rumiani. (2006). PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN STRES MAHASISWA. JURNAL PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO, 3(2), 37–48.
Setiyowati, R. (2016). Hubungan Self Efficacy dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Matematika. Ekuivalen, 158–161.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeth.
Yuniarti, S., Setyowani, N., & Sunawan. (2018). Minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 7(4), 31–38. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Copyright (c) 2021 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.