PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Ciawigebang

  • Regina Nurberlian
  • Moh. Syukur
  • Irma Khamisah

Abstract

Regina Nurberlian (NIM: 113223036), Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk
Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Matematika merupakan
salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dapat membentuk siswa berfikir nalar.
Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa dalam memecahkan suatu masalah adalah pendekatan problem solving
(pemecahan masalah). Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5
Ciawigebang tahun ajaran 2014/2015 dan sampelnya adalah siswa kelas VII.A
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian
menunjukkan penerapan pendekatan problem solving lebih baik daripada model
pembelajaran konvensional karena dapat meningkatkan kemampuan penalaran
matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas
eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dimana nilai rata-rata yang awalnya
sebesar 40,26 meningkat menjadi 78,40. Sedangkan nilai rata-rata skor respon
siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving
sebesar 3,44 yang menunjukan bahwa respon siswa terhadap pendekatan problem
solving positif

Keywords: Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Nurberlian, R., Syukur, M., & Khamisah, I. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 70-79. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/130
Abstract viewed = 103 times