PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADATIF SISWA SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran adatif
siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan
konstruktivisme dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Serta
untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adatif pada siswa yang
memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme dan
hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan
desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMPN 1 Cidahu. Dengan menggunakan teknik acak sederhana,
diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimen
dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh
nilai thitung 2,0318 kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% dan
derajat kebebasan 76, diperoleh nilai ttabel 1,6652 karena 2,0318 > 1,6652 maka H1
diterima, artinya kemampuan penalaran adatif siswa pada pembelajaran matematika
dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada kemampuan
penalaran adatif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian
besar peningkatan kemampuan penalaran adatif kelas eksperimen dihitung dengan
cara uji gain didapatkan rata-rata sebesar 0,33 dengan kriteria sedang. Selanjutnya,
pada analisis hubungan motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswa
pada kelas eksperimen diperoleh nilai koefisien r sebesar 0,84, dan thitung 9,49,
kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan
37, diperoleh nilai ttabel 2,0262. Karena 9,49 > 2,0262 maka H1 diterima, artinya
terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran
adatif siswa.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.