PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADATIF SISWA SMP

  • Eva Novita Aprilian
  • Yudi Yudianto
  • Uba Umbara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran adatif
siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan
konstruktivisme dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Serta
untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adatif pada siswa yang
memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme dan
hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan
desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMPN 1 Cidahu. Dengan menggunakan teknik acak sederhana,
diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimen
dan kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh
nilai thitung 2,0318 kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% dan
derajat kebebasan 76, diperoleh nilai ttabel 1,6652 karena 2,0318 > 1,6652 maka H1
diterima, artinya kemampuan penalaran adatif siswa pada pembelajaran matematika
dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih baik dari pada kemampuan
penalaran adatif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian
besar peningkatan kemampuan penalaran adatif kelas eksperimen dihitung dengan
cara uji gain didapatkan rata-rata sebesar 0,33 dengan kriteria sedang. Selanjutnya,
pada analisis hubungan motivasi belajar dengan kemampuan penalaran adatif siswa
pada kelas eksperimen diperoleh nilai koefisien r sebesar 0,84, dan thitung 9,49,
kemudian dibandingkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan
37, diperoleh nilai ttabel 2,0262. Karena 9,49 > 2,0262 maka H1 diterima, artinya
terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan kemampuan penalaran
adatif siswa.

Keywords: Kemampuan Penalaran Adatif; Motivasi Belajar; Pembelajaran Matematika; Pendekatan Konstruktivisme.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Aprilian, E. N., Yudianto, Y., & Umbara, U. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN ADATIF SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 28-37. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/125
Abstract viewed = 236 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>