PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigugur Tahun Ajaran 2014- 2015

  • Awang Nurjanah
  • Uba Umbara
  • Muhammad Irfan Habibi

Abstract

Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan bentuk pelatihan
dan pengalaman siswa untuk mempersiapkan mental dalam memecahkan
permasalahan kehidupan yang akan dihadapinya kelak. Kemampuan pemecahan
masalah pada pembelajaran matematika adalah pengetahuan tingkat tinggi yang
memerlukan suatu keterampilan khusus dalam mencari solusi atas masalah yang
dihadapi dengan menggabungkan konsep-konsep dan aturan-aturan dalam
matematika yang diperoleh sebelumnya, agar diperoleh jalan untuk mencapai suatu
tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigugur,
semester II tahun pelajaran 2014/2015. Kelas VII D adalah kelas eksperimen dan
kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing sedangkan kelas kontrol menggunakan
pembelajaran konvensional (ekspositori). Data dikumpulkan melalui tes dan angket.
Hasil analisis data awal maupun data akhir sampel tersebut berdistribusi normal dan
homogen dan juga sampel sebelum perlakuan sampel tidak ada perbedaan secara
signifikan. Untuk mengetahui perbedaan setelah perlakuan dari kedua model
pembelajaran tersebut digunakan uji-t, maka dengan kriteria uji thitung > ttabel maka
4,98 > 1,68. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik daripada menggunakan
pembelajaran konvensional (ekspositori) di SMP Negeri 1 Cigugur.

Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-02
How to Cite
Nurjanah, A., Umbara, U., & Habibi, M. I. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(2), 17-27. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/124
Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>