PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigugur Tahun Ajaran 2014- 2015
Abstract
Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan bentuk pelatihan
dan pengalaman siswa untuk mempersiapkan mental dalam memecahkan
permasalahan kehidupan yang akan dihadapinya kelak. Kemampuan pemecahan
masalah pada pembelajaran matematika adalah pengetahuan tingkat tinggi yang
memerlukan suatu keterampilan khusus dalam mencari solusi atas masalah yang
dihadapi dengan menggabungkan konsep-konsep dan aturan-aturan dalam
matematika yang diperoleh sebelumnya, agar diperoleh jalan untuk mencapai suatu
tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cigugur,
semester II tahun pelajaran 2014/2015. Kelas VII D adalah kelas eksperimen dan
kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing sedangkan kelas kontrol menggunakan
pembelajaran konvensional (ekspositori). Data dikumpulkan melalui tes dan angket.
Hasil analisis data awal maupun data akhir sampel tersebut berdistribusi normal dan
homogen dan juga sampel sebelum perlakuan sampel tidak ada perbedaan secara
signifikan. Untuk mengetahui perbedaan setelah perlakuan dari kedua model
pembelajaran tersebut digunakan uji-t, maka dengan kriteria uji thitung > ttabel maka
4,98 > 1,68. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik daripada menggunakan
pembelajaran konvensional (ekspositori) di SMP Negeri 1 Cigugur.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.