Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering Terhadap Pemahaman Matematis

  • Aditya Reinaldo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Suharti UIN Alauddin
  • Munawarah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pemahaman matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran REACT. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 47,50 pada kategori sedang dan nilai rata-rata posttest  sebesar 65,00 pada kategori tinggi. Hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan model pembelajaran REACT diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 51,00 pada kategori sedang dan nilai rata-rata posttest  sebesar 71,67 pada kategori tinggi. Artinya, terdapat perbedaan antara pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran REACT.

Abstract

This study aims to determine the differences between students' mathematical understanding who are taught using the Inquiry learning model and the REACT learning model. This type of research is a quasi-experimental (Quasi Experimental) design with Nonequivalent Control Group Design which was implemented at SMP Negeri 5 Pitfeedua, Wajo Regency. Data collection techniques using test techniques and analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the results of data analysis, the pretest and posttest results of students who were taught with the Inquiry learning model obtained an average pretest score of 47.50 in the medium category and an average posttest score of 65.00 in the high category. The results of the pretest and posttest students who were taught with the REACT learning model obtained an average pretest score of 51.00 in the medium category and an average posttest score of 71.67 in the high category. That is, there is a difference between the mathematical understanding of students who are taught using the Inquiry learning model and the mathematical understanding of students who are taught using the REACT learning model in grade VIII students of SMP Negeri 5 Pitfeedua, Wajo Regency.

Keywords: Inquiry;REACT; pemahaman matematis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti, F. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 9(1), 51–56.
Ambarwati, S. S., Zein, M., & Rahmi, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. JURING: JOurnal for Research in Mathematics Learning, 2(4), 317–324.
Anas, A., & A, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan, 6(2), 157–166. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.338
Arifuddin, A., Alfiani, D. A., & Hidayati, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 261–274. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3374
Cochran, R. (2007). The Impact of Inqury-Based Mathematics on Context Knowledge and Classroom Practice.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Djuanda, D., & Maulana. (2015). Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Eriana, Kartono, & Sugianto. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students’ Self-reliance towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) on Jigsaw Technique. Journal of Primary Education, 8(2), 176–183.
Gilmore, C., Clayton, S., Cragg, L., McKeaveney, C., Simms, V., & Johnson, S. (2018). Understanding arithmetic concepts: The Role of Domain-Specific and Domain-General Skills. PLOS ONE COLLECTION Education Research, 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pone.0201724
Huda, S., Anggraini, L., Saputri, R. D., Syazali, M., & Umam, R. (2019). Learning Model to Improve the Ability to Understand Mathematical Concepts. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, 8(2), 173–181.
Israwani. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Operasi Hitung Bilangan di Kelas I SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 55–64.
Jannah, M., Supardi, Z. A. I., & Prabowo. (2020). Guided Inquiry Model with the REACT Strategy Learning Materials to Improve the Students’ Learning Achievement. IJORER : International Journal of Recent Educational Education, 1(2), 156–168.
Kariadinata, R., Yaniawati, R. P., Sugilar, H., & Riyandani, D. (2019). Learning Motivation and Mathematical Understanding of Students of Islamic Junior High School Through Active Knowledge Sharing Strategy. Infinity Journal, 8(1), 31–42.
Kurniawan, I., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Strategi Kontekstual REACT terhadap kinerja Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Edutech UNDIKSHA, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3582
Kusumaningsih, W., Sutrisno, & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197–207. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763
Latifah, S., Komikesari, H., & Ulum, M. (2017). Efektivitas strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains di SMPN 22 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 101–108.
Matthew, B. M., & Kenneth, I. O. (2013). A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. International Researcher, 2(1), 135–140.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–46.
Mulyana, S., Rusdi, & Vivanti, D. (2018). The Effect of Guided Inquiry Learning Model and Scientific Performance on Student Learning Outcomes. IJOSE: Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 105–109. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.59
Mustofa, B. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Nagari, P. M., Nuraini, U., & Nuris, D. M. (2019). A Case Study: The Application of REACT Learning Model in Accounting Education. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(24), 30–37.
Novri, U. S., Zulfah, & Astuti. (2018). Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90.
Nurhadi, M., Surachmi, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas VI Sekolah Dasar. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 44–60.
Obomanu, N. J., & Dorathy, E. (2014). Relative Effect of Two Forms of Pedagogy on Secondary School Students Performance in Ecology Concepts in Rivers State. International Journal of Education and Research, 2(10), 237–250.
Oktaviana, Eka, S., & Rohendi, E. (2017). Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Daur Air. Antologi UPI, 5(1), 1–7.
Prastika, N., Djalil, A., & Asnawati, R. (2013). Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 1–11.
Pratiwi, C. O., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 291–300.
Putri, N. (2018). Studi Komparatif Metode Guided Inquiry Learning dan Metode Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Economic Education, 1(1), 17–30.
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Student’s mathematical understanding ability based on selfefficacy. Journal of Physics: Conference Series, Series 909, 1–7.
Rochaminah, S., & Anggraeni. (2016). Perancangan Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika & Pendidikan Matematika (SENDIKA), 2(2), 695–701.
Rumiyati, C. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri terhadap Hasul Belajar SIswa Kelas IV SD pada Muatan Pelajaran Matematika tentangb FPB. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 1–8.
Suwanto, Wachidi, & Turdja’i. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Logis dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SDN 03 Gugus 1 Kabupaten Bengkulu Utara). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 141–154.
UI-Khoiriyah, A. (2019). Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Matematika. Al-Aulad, 2(1), 1–9.
Wen, C.-T., Liu, C.-C., Chang, H.-Y., Chang, C.-J., Chang, M.-H., Chiang, S.-H. F., … Hwang, F. (2020). Students’ Guided Inquiry with Simulation and Its Relation to School Science Achievement Andscientific Literacy. ScienceDirect Procedia -Social and Behavioral Sciences, 149.
Wonkyi, T., & Adu, E. (2016). Effect of The Inquiry-Based Teaching Approach on Students’ Understanding of Circle Theorems in Plane Geometry. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 12, 1–9.
Yanda, K. O., Jumroh, & Octaria, D. (2019). No Title. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1), 58–67. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428
Yulianti, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika. Universitas Negeri Malang: Lembaga Pengembangan Pembelajaran.
Zevika, M., Yarman, & Yerizon. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45–40.
Published
2021-12-30
How to Cite
Aditya Reinaldo, Thamrin Tayeb, Fitriani Nur, Suharti, & Munawarah. (2021). Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering Terhadap Pemahaman Matematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 127-139. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1229
Abstract viewed = 240 times
pdf downloaded = 206 times