PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA
Abstract
Satu dari lima kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai bentuk
penguasaan matematika adalah kompetensi strategis. Kompetensi strategis
merupakan kemampuan untuk merumuskan masalah, merepresantasikan masalah,
dan menyelesaikan masalah. Untuk dapat mengembangkan kemampuan ini dilakukan
penelitian menggunakan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan, (1) Untuk mengetahui apakah
siswa yang belajar menggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yang
lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran
matematika biasa, (2) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran
matematika menggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada salah satu SMP Negeri di Bandung
kelas VIII. Kemudian dua kelas secara random diambil sebagai sampel penelitian,
kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan instrumen non tes.
Instrumen tes berupa tes kompetensi strategis sedangkan instrumen non tes berupa
angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Siswa yang belajar
menggunakan metode TAPPS memiliki kompetensi strategis yang lebih baik daripada
siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran matematika biasa, (2) Pada
umumnya siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika
menggunakan metode TAPPS dalam meningkatkan kompetensi strategis. Hal ini
terlihat dari hasil angket berupa rata-rata skor siswa dan hasil observasi yang
dilakukan selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.