IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP

  • Uba Umbara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode eksperimen kuasi
eksperimen dengan bentuk Randomized Control Group Pretest-Postes Design.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cigugur Kuningan. Dari hasil pretes dan
posttest diperoleh rata-rata nilai pretest kelas kontrol lebih besar dari pada rata-rata
nilai pretest kelas eksperimen dengan selisih 0,05. Sedangkan setelah diberikan
postes diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata
nilai postes kelas kontrol dengan selisih 5,21. Berdasarkan hasil uji normalitas dan
homogenitas, diketahui bahwa kedua data preteset dan posttest berdistribusi normal
dan homogen. Hasil Uji Perbedaan Rata-rata Skor Pretes signifikansi sebesar 0,930
yang artinya lebih besar dari ? = 0,05. Sehingga H0 diterima, artinya rataan
kemampuan awal literasi matematis siswa pada kelompok eksperimen sama dengan
rataan kemampuan awal siswa pada kelompok kontrol. Sedangkan untuk data postes
kemampuan literasi matematis sebesar 0,000. Jika diambil ? =0,05 maka Asymp.Sig
(1-tailed) < ? sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya hipotesis penelitian diterima,
bahwa : kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan
pembelajaran kontekstual lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional. Sedangkan peningkatan kemampuan literasi matematika yang dicapai
oleh kelas kontrol dengan kriteria peningkatan rendah. Maka dapat dikatakan
peningkatan kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada
kelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan literasi matematika siswa. Selain itu juga, respon yang diberikan oleh
siswa pun sangat baik sehingga pembelajaran kontekstual dapat dijadikan suatu
alternative pembelajaran bagi guru matematika.

Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Literasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Umbara, U. (2015). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/116
Abstract viewed = 466 times

Most read articles by the same author(s)

> >>