IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode eksperimen kuasi
eksperimen dengan bentuk Randomized Control Group Pretest-Postes Design.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cigugur Kuningan. Dari hasil pretes dan
posttest diperoleh rata-rata nilai pretest kelas kontrol lebih besar dari pada rata-rata
nilai pretest kelas eksperimen dengan selisih 0,05. Sedangkan setelah diberikan
postes diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata
nilai postes kelas kontrol dengan selisih 5,21. Berdasarkan hasil uji normalitas dan
homogenitas, diketahui bahwa kedua data preteset dan posttest berdistribusi normal
dan homogen. Hasil Uji Perbedaan Rata-rata Skor Pretes signifikansi sebesar 0,930
yang artinya lebih besar dari ? = 0,05. Sehingga H0 diterima, artinya rataan
kemampuan awal literasi matematis siswa pada kelompok eksperimen sama dengan
rataan kemampuan awal siswa pada kelompok kontrol. Sedangkan untuk data postes
kemampuan literasi matematis sebesar 0,000. Jika diambil ? =0,05 maka Asymp.Sig
(1-tailed) < ? sehingga H0 ditolak. Kesimpulannya hipotesis penelitian diterima,
bahwa : kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan
pembelajaran kontekstual lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran
konvensional. Sedangkan peningkatan kemampuan literasi matematika yang dicapai
oleh kelas kontrol dengan kriteria peningkatan rendah. Maka dapat dikatakan
peningkatan kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih tinggi dari pada
kelas kontrol. Dengan demikian pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan literasi matematika siswa. Selain itu juga, respon yang diberikan oleh
siswa pun sangat baik sehingga pembelajaran kontekstual dapat dijadikan suatu
alternative pembelajaran bagi guru matematika.
Downloads
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.