Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Taruna Teknika Akademi Maritim Cirebon

  • Handayani Eka Putri Puput Akademi Maritim Cirebon
  • Yosi Adiputra Akademi Maritim Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis taruna Akademi Maritim Cirebon. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Postest  Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh taruna tingkat I Akademi Maritim Cirebon Tahun Akademik 2020/2021. Sedangkan sampel penelitiannya adalah taruna Teknika tingkat I Akademi Maritim Cirebon sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan perkuliahan dengan menggunakan strategi Konflik Kognitif. Kelas kontrol adalah kelas yang mendapatkan perlakuan perkuliahan matematika konvensional.  Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rata-rata kemampuan pemahaman matematis taruna yang menggunakan strategi konflik kognitif lebih tinggi dari rata-rata kemampuan pemahaman matematis taruna yang menggunakan metode konvensional.

 
Keywords: Konflik Kognitif, Pemahaman Matematis, Nonequivalent Postest  Control Group Design

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, B. I. (2012). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematika Siswa SD melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, hlm.150-164.

Cole, M., & Wertsch, J. (1996). Beyond the individual–social antimony in discussions of Piaget and Vygotsky. Human Development, hlm.250–256.

Ismaimuza, D. (2008). Pembelajaran Matematika Dengan Konflik Kognitif. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 155-166.

________, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) 63:2 (2013), 33–37.

Lee, G. dkk. (2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict in Secondary-Level Science Classes. Journal of Research in Science Teaching, 40 (6), hlm. 585–603.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Sayce, Lucy. (2009). The route to cognitive conflict. National Centre for Excellence in The

Teaching of Mathematics.

Siegel, S. 1986. Statistik Non-Parametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Gramedia

Suhandri, (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP/MTs Dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif. JPPM, 9 (2), hlm 240-249

Turmudi (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Leuser Cita Pustaka.

Published
2020-12-04
How to Cite
Puput, H. E. P., & Adiputra, Y. (2020). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Taruna Teknika Akademi Maritim Cirebon. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 188-194. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1141
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 2 times