Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMK Pada Materi Statistika

  • Yosi Adiputra Akademi Maritim Cirebon
  • Handayani Eka Putri Akademi Maritim Cirebon

Abstract

Menumbuhkembangkan kreatifitas perlu dilakukan karena kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada zaman ini. Kemampuan berpikir kreatif juga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat menghantarkan negara ke dalam posisi terkemuka atau paling tidak sejajar dengan negara-negara lain. Oleh karena itu, Pembelajaran perlu dirancang sedemikian rupa untuk memunculkan potensi kreatifitas siswa, termasuk pembelajaran matematika. Untuk mengetahui potensi tersebut diperlukan suatu alat ukur yang tepat. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan sejalan dengan pengembangan cara mengukurnya. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis (TKBKM) telah disusun dan divalidasi dari segi muka dan isi, serta memiliki koefisien validitas dan reliabilitas yang tinggi. Tes tesebut juga memiliki daya pembeda (DP) yang baik dan memiliki tingkat kesukaran (TK) yang sedang. Dengan demikian butir soal tes Kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) ini dapat gigunakan dalam pengumpulan data.

penelitian.

Keywords: Pengembangan, Berpikir Kreatif Matematis, Validasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ismaimuza, D. (2010). Kemampuan Berpikir kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi Doktor pada SPS UPI: Tidak diterbitkan.

Kemendikbud. 2013. Handout Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Nunuk, B.K. (2019). Kreativitas Peserta Didik di Era Abad 21 Itu Dibutuhkan. [Online] diakses dari https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/03/19/126002. (20 Oktober 2020)

Permendikbud. (2006). Standar Kompetensi Lulusan. Tidak Diterbitkan

____________. (2018). Standar Kompetensi Lulusan. Tidak Diterbitkan

Siegel, S. 1986. Statistik Non-Parametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Gramedia

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI
Published
2020-12-04
How to Cite
Adiputra, Y., & Putri, H. E. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMK Pada Materi Statistika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 156-165. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1135
Abstract viewed = 37 times
PDF downloaded = 17 times