Analisis Konten Sumber Belajar Virtual Materi Statistika
Abstract
Sumber belajar memainkan peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Sumber belajar yang efektif merupakan sumber belajar yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk mengetahui kualitas sumber belajar diperlukan analisis mengenai konten sumber belajar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konten sumber belajar materi statistika berupa video yang digunakan dalam pembelajaran virtual. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan melalui studi kasus. Data diambil melalui telaah sumber belajar dan wawancara. Data dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar virtual materi statistika disusun berbasis model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan langkah menyampaikan kompetensi pembelajaran, memaparkan definisi dan konsep, menyampaikan contoh konsep dan penerapannya serta memberikan masalah matematis; (2) sistematika sumber belajar virtual bagian pendahuluan memuat salam dan informasi mengenai materi, bagian inti berisi deskripsi kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang akan dicapai, deskripsi materi, contoh penyelesaian masalah, masalah matematis pada materi statistika, bagian penutup berisi informasi kompetensi yang akan dicapai pada pembelajaran selanjutnya, kalimat motivasi, dan salam; (2) karakteristik sumber belajar virtual materi statistika adalah kontekstual.
Downloads
References
Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan media sosial (youtube) sebagai media inovatif dalam pembelajaran di madrasah gresik. 5(1), 33–38.
Aini, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Vidio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII pada Mata Pelajaran Biologi di MTs NW Peneguk Tahun Pelajaran 2017-2018. UIN Mataram.
Any, J. I. (2011). Pemanfaatan Sumber-sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI.
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 47–66. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Fitrah, M. (2015). Kemampuan Guru Matematika dalam Mengelola Kelas Melalui Sumber Belajar untuk Memingkatkan Aktivitas Siswa. 833–890. h
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Dasar, 7(1), 63–73.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, 1 (2007).
Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. (2018). Pemanfaatan Video untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual pad Topik Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Ethnomatnesia, 400–405.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative (3th editio). SAGE publications, Inc.
Myori, D. E., Krismadinata, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV ( Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, Z., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. 04(01), 96–106. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0Apemahaman
Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2018). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v28i2.345
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Satriawan, S., & Wutsqa, D. U. (2013). Keefektifan Pembelajaran dengan Sumber Belajar Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 193–203. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi:Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989
Wardinur, W., & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK, 13(2), 167–183.
Copyright (c) 2020 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.