EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Studi Kasus Di Kelas VII MTs Negeri Model Cigugur Kabupaten Kuningan

  • Uba Umbara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya implikasi yang
positif antara representasi matematik siswa dengan RME. Penelitian ini dilaksanakan
di MTs Negeri Model Cigugur 2014/2015. Pemilihan sampel diambil secara acak
sederhana untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang
digunakan pada kelas eksperimen sebanyak 39 orang siswa dan kelas kontrol
sebanyak 41 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan uji -t untuk menguji
hipotesis statistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan
kemampuan representasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Selanjutnya, dari hasil analisis diketahui bahwa kemampuan representasi matematis
siswa yang pembelajarannya menggunakan RME lebih baik dari siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dimungkin bahwa peningkatan
kemampuan representasi matematik siswa dipicu oleh RME yang dalam pelaksanaan
pembelajarannya selalu memperhatikan prisip dan karakteristik RME.

Keywords: RME, Kemampuan Representasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-01
How to Cite
Umbara, U. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), Vol. 1 No.1 Mei 2015. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/111
Abstract viewed = 473 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>