Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran

  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dengan yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group designengan populasi penelitiannya yaitu kelas eksperimen IVD terdiri 37 orang dan kelas kontrol IVE terdiri 38 orang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan penalaran matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan penalaran matematis yang meliputi nilai pretest, posttest dan n gain. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran MEAs lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Ekspositori.Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran MEAs dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi.

Keywords: kemampuan penalaran matematis, pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs), Matematika Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. (2013). Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Matematis.Tesis Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hanifah. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Senamas 2017. Makasar

Lestari, K, dan Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematik. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Model Eliciting Activities. Tesis STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan.

Setyono (2008). Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika STKIP-Subang: Tidak diterbitkan.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-UPI Bandung.

Suherman, Erman.,et.al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung: JICA-UPI Bandung.

Sumarmo, Utari. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2013). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Zulkarnaen, R (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kreativitas Matematis pada Siswa Kelas VIII pada Satu Sekolah di Kabupaten Karawang.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 4, No.1, Februari 2015.

Published
2020-12-04
How to Cite
Lessa Roesdiana, & Hidayati, N. (2020). Pembelajaran dengan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 166-175. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1018
Abstract viewed = 133 times
PDF downloaded = 10 times