Analisis Variasi Sudut Posisi Tubuh Atlet Balap Sepeda Saat Sprint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sudut posisi tubuh atlet balap sepeda saat sprint mendahului lawan dalam meminimalisir terpaan udara (drag effect). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel sudut yang dianalisis yaitu 45°, 50°, 55° dengan pola aliran kecepatan angin pada 3 titik yaitu depan, atas, dan belakang. Hasil penelitian menunjukkan gaya yang digunakan untuk menahan sudut belok aliran pada variasi 45° sebesar 26739,593 N, variasi sudut 50° sebesar 28971,434 N, dan pada variasi 55° sebesar 30975,985 N. Berdasarkan gaya yang digunakan maka dapat disimpulkan bahwa variasi sudut 45° paling efektif dalam melakukan sprint, karena posisi badan pada sudut ini mempersempit hambatan udara yang mengenai atlet balap sepeda sehingga menjadi ringan.

Keywords: Sudut Badan Atlet, Gaya Hambatan Angin, Aerodinamika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashadi dan Mohammad. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Serta Praktek Kombinasinya Dalam Penelitian Sosial. Jakarta : Nadi Pustaka.
Clarsen, Benjamin, et al, (2010). Overuse Injuries in Professional Road Cyclists. American Journal of Sport Medicine vol 23, (6) 451-234. Clinical Biomechanics, 16 (1) 28-37.
Coy Dannenberg. 2012. Predictor Of Injury Among 2000 Cyclists In S Recreational Long-Distance Bicycle Tour. Cycle acroas Maryland American Journal of Sport Medicine 24, 747-53.
Gregor, R.J. & Conconi, F. Eds., 2009. Handbook of Sports Medicine and Science, Road Cycling. John Wiley & Sons.
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian. Surabaya. Airlangga.
Marsden, Mandi And Schwellnus, Martin. 2010. Lower Back Pain In Cyclists: A Review Of Epidemiology, Pathomechanics And Risk Factors. International Sports Med Journal, 11(1), 216-225.
Norstrud H, 2008, Sport aerodynamics, Norwegian University of Science and Technology Thondhem, Norway, Springer Wlen, New York: Norwegian University..
Peveler, W. 2009. The Complete Book of Road Cycling and Racing. Ragged Mountain Press/McGraw-Hill.
Slamet Rahayu, Muhammad Agus Sahbana, Akhmad Farid, (2014), Study Exsperimental Pengaruh Sudut Kemiringan Model Kendaraan Sedan Terhadap Tekanan Hisap Dalam Wind Tunel, Proton, Jurusan Teknik Mesin Universitas Widyagama Malang , PROTON, Vol. 6 No 1 / Hal 54-60.
Sovndal, S. 2009. Cycling Anatomy. New York: Human Kinetics.
Published
2020-11-18
How to Cite
Habibie, Z. F., Santoso, D. A., & Candra, A. T. (2020). Analisis Variasi Sudut Posisi Tubuh Atlet Balap Sepeda Saat Sprint. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 20-28. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.993
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 0 times