Persepsi Orang Tua Terhadap Sekolah Sepakbola Mitra Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan standar kualitas Sekolah Sepakbola (SSB) berdasarkan persepsi orang tua agar SSB menjadi wahana aktivitas olahraga utama untuk anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sebanyak 15 orang tua yang dipilih menggunakan accidental sampling, menyatakan bersedia melakukan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu tabulasi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga indikator yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih SSB, yaitu ketertarikan, karakteristik, dan kualitas SSB. Ketertarikan orang tua awalnya dipicu oleh alumnus SSB yang sukses menjadi pemain nasional. Selanjutnya jarak SSB dengan rumah menjadi pertimbangan paling penting karena berhubungan dengan cost and time yang dicurahkan orang tua kepada anak. Karakteristik SSB ditunjukkan oleh popularitas, sarana dan prasarana, pelatih dan pengelola, dan jumlah siswa SSB. Karakteristik tersebut selanjutnya dijadikan sebagai tolok ukur kualitas SSB layak untuk menjadi tempat anak-anak mereka berlatih. Kategori nilai untuk karakteristik SSB yang layak untuk anak mereka minimal adalah baik. Temuan ini penting dijadikan sebagai referensi SSB dalam pengembangan kulitas dan kinerja agar menjadi pilihan utama bagi orang tua dalam memilihkan SSB untuk anak mereka.

Keywords: Orang tua, Sepakbola, Persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gema, Abdul Rachim, Rumini, T. S. (2016). Manajemen Kompetisi Sepakbola Sumsel Super League (Ssl) Kota Palembang. Journal of Physical Education and Sport, 5(1), 2–4. https://doi.org/10.5897/JPESM

Allender, S., Cowburn, G., & Foster, C. (2006). Understanding participation in sport and physical activity among children and adults: a review of qualitative studies. Health Education Research, 21(6), 826–835. https://doi.org/10.1093/her/cyl063

Anderson, N. A., Bohnert, A. M., & Governale, A. (2018). Organized Activity Involvement among Urban Youth: Understanding Family- and Neighborhood- Level Characteristics as Predictors of Involvement. Journal of Youth and Adolescence, 47(8), 1697–1711. https://doi.org/10.1007/s10964-018-0823-8

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial (edisi kesepuluh). Penerbit Erlangga.

Boneau, R. D., Richardson, B. K., & McGlynn, J. (2020). “We Are a Football Family”: Making Sense of Parents’ Decisions to Allow Their Children to Play Tackle Football. Communication and Sport, 8(1), 26–49. https://doi.org/10.1177/2167479518816104

Candrawati, S., Kedokteran, J., Kedokteran, F., Kesehatan, I.-I., & Soedirman, U. J. (2011). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Dengan Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Lingkar Pinggang Mahasiswa. The Soedirman Journal of Nursing), 6(2), 112–118.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330

Dorsch, T. E., Smith, A. L., & McDonough, M. H. (2009). Parents’ perceptions of child-to-parent socialization in organized youth sport. Journal of Sport and Exercise Psychology, 31(4), 444–468. https://doi.org/10.1123/jsep.31.4.444

Dorsch, T. E., Smith, A. L., & McDonough, M. H. (2015). Early socialization of parents through organized youth sport. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 4(1), 3–18. https://doi.org/10.1037/spy0000021

Fletcher, T. (2020). Locating Sport in Family Practices. In Negotiating Fatherhood (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-19784-1_1

Gao, Z., Chen, S., Sun, H., Wen, X., & Xiang, P. (2018). Physical Activity in Children’s Health and Cognition. BioMed Research International, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/8542403

Hurley, D., Allen, M. S., Swann, C., Okely, A. D., & Vella, S. A. (2018). The Development, Pilot, and Process Evaluation of a Parent Mental Health Literacy Intervention Through Community Sports Clubs. Journal of Child and Family Studies, 27(7), 2149–2160. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1071-y

Irianto, S. (2011). Standardisasi Kecakapan Bermain Sepakbola Untuk Siswa Sekolah Sepakbola (Ssb) Ku 14-15 Tahun Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Olahraga Prestasi, 7(7), 44–50.

Kanters, M., Casper, J., & Bocarro, J. (2008). Supported or Pressured? an Examination of Agreement among Parent’s and Children on Parent’s Role in Youth Sports. Journal of Sport Behavior, 31(1), 64.

Khory, F. D., Hartoto, S., Sudarso, & Prakoso, B. B. (2018). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kualitas Mahasiswa Calon Guru PJOK Saat Melaksanakan Program Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Mitra. SPORTIF, 4(1), 38–53. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i1.12092

Kristanto, R. A., & Darni. (2018). Pembinaan Sekolah Sepakbola (SSB) Putra Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. In Jurnal JPDO (Vol. 1, Issue 1).

Krueger, A., Witte, K., & Edelmann-Nusser, J. (2006). Approach of a Model for the Interaction Between Athlete, Sports Equipment and Environment. In The Engineering of Sport 6 (pp. 17–22). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-0-387-45951-6_4

Lasch, K. E., Marquis, P., Vigneux, M., Abetz, L., Arnould, B., Bayliss, M., Crawford, B., & Rosa, K. (2010). PRO development: Rigorous qualitative research as the crucial foundation. Quality of Life Research, 19(8), 1087–1096. https://doi.org/10.1007/s11136-010-9677-6

Mahardika, I. M. S. (2016). Metedologi Penelitian (p. 337). Surabaya : Unesa University Press.

McKay, C. D., Cumming, S. P., & Blake, T. (2019). Youth sport: Friend or Foe? Best Practice & Research Clinical Rheumatology, 33(1), 141–157. https://doi.org/10.1016/J.BERH.2019.01.017

Nazzari, H., Isserow, S. H., Heilbron, B., Chb, M. B., McKinney, J., Lithwick, D. J., Morrison, B. N., Nazzari, H., Isserow, S. H., Heilbron, B., & Krahn, A. D. (2016). The health benefits of physical activity and cardiorespiratory fitness. British Columbia Medical Journal, 58(3), 131–137.

Nirwandi. (2017). Tinjauan Tingkat VO2MaxV Pemain Sepakbola Sekolah Sepakbola Bima Junior Kota Bukit Tinggi. Penjakora, 4(2), 18–27.

Pageaux, B. (2016). Perception of effort in Exercise Science: Definition, measurement and perspectives. In European Journal of Sport Science (Vol. 16, Issue 8, pp. 885–894). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/17461391.2016.1188992

Rahman, A. (2013). Sekolah Sepakbola di Samarinda. 1(2). http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/183852

Rieger, B., Lewandowski, L., Potts, H., Potter, K., & Chin, L. S. (2018). Parent Knowledge and Perceptions of Concussion Related to Youth Football. Cureus, 10(3). https://doi.org/10.7759/cureus.2268

Rohman, U. (2017). Evaluasi Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini di Sekolah Sepakbola . Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 92. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8186

Ryan Dunn, C., Dorsch, T. E., King, M. Q., & Rothlisberger, K. J. (2016). The Impact of Family Financial Investment on Perceived Parent Pressure and Child Enjoyment and Commitment in Organized Youth Sport. Family Relations, 65(2), 287–299. https://doi.org/10.1111/fare.12193

Situmorang, M. (2015). Penentuan Indeks Massa Tubuh (IMT) melalui Pengukuran Berat dan Tinggi Badan Berbasis MikrokontrolerAT89S51 dan PC. Jurnal Teori Dan Aplikasi Fisika, 03(02), 102–110.

Somerset, S., & Hoare, D. J. (2018). Barriers to voluntary participation in sport for children: a systematic review. BMC Pediatrics, 18(1), 47. https://doi.org/10.1186/s12887-018-1014-1

Sugiyono. (2006). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, J. (2016). Peran Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Di Kabupaten Pontianak. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/113029

Wall, J. M., Baugh, L. M., Pradhan, K., Beauchamp, M. R., Marshall, S. K., & Young, R. A. (2019). The coach-parent relationship in Canadian competitive figure skating: An interpretive description. Psychology of Sport and Exercise, 45, 101577. https://doi.org/10.1016/J.PSYCHSPORT.2019.101577

Weiss, M. R., & Phillips, A. C. (2015). Motivation in Youth Sport and Physical Activity: Developmental Perspectives. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences, 914–920. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.26019-4

Woods, R. B. (2007). Social Issues in Sport. Human Kinetics Publishers, Inc.

Published
2020-06-11
How to Cite
Ridwan, M., & Prakoso, B. B. (2020). Persepsi Orang Tua Terhadap Sekolah Sepakbola Mitra Surabaya. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 151-162. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.940
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 0 times