Latihan Senam Aerobik Terhadap Dismenorea Saat Menstruasi Pada Anggota Senam

  • Widia Novianti STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sugeng Hari Aji STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Dismenorea merupakan gangguan menstruasi yang sering dialami oleh wanita, salah satu metode untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan melakukan latihan senam aerobik secara rutin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Ando selama 3 kali dalam satu minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita anggota senam di Sanggar Ando yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, maka dari itu sampel yang diteliti adalah sebanyak 10 orang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design, terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pertanyaan dalam angket. Angket akan dibagikan sebanyak 2 kali, yaitu sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment kepada responden yaitu Anggota Senam yang sedang menstruasi dan mengalami dismenorea untuk dijawab atau diisi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kemudian angket ini dikembalikan untuk diolah menjadi  data penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan data pada tabel 4.17 maka didapat dilihat signifikan = 0,636 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,05. Dengan demikian nilai dari t hitung < taraf signifikan = 0,636 <  0,05, artinya hipotesis diterima terdapat pengaruh latihan senam aerobik terhadap dismenorea saat menstruasi pada wanita anggota senam di Sanggar Ando.

Keywords: Latihan, senam, aerobik, dismenorea, menstruasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashadi, K. 2008 . Handout Kepelatihan Cabang Senam Aerobik 1. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Astrida, Rakhma. 2012. Gambaran Derajat Dismenorea dan Upaya Penanganannya pada Siswi SMK Arjuna Depok. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, (2009): Pembelajaran Aktifitas Ritmik, Diktat Peningkatan Kompetensi Guru Penjas SMP/SMA, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Giriwijoyo, H.Y.S.S (2007). Ilmu Kesehatan Olahraga. Univesitas Pendidikan Bandung.

Giriwijoyo, H.Y.S.S (2013). Ilmu Kesehatan Olahraga = Sport Medicine : untuk Kesehatan Prestasi Olahraga. Univeritas Pendidikan Bandung.

Linda, R D. 2015. Senam Kecantikan. FlashBook, Yogyakarta.

Riduwan, M.B.A. 2010. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta, Bandung
Published
2016-01-28
How to Cite
Novianti, W., & Aji, S. H. (2016). Latihan Senam Aerobik Terhadap Dismenorea Saat Menstruasi Pada Anggota Senam. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.33222/juara.v1i1.58
Abstract viewed = 200 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times