Perbandingan Latihan Kotak Berwarna Dengan Segi Tiga Angka Terhadap Passing Atas Bola Voli
Abstract
Bentuk latihan yang diciptakan ada yang menggunakan alat, media, atau tanpa alat. Peneliti dalam kesempatan ini mencoba dua bentuk latihan yang menggunakan alat atau media. Media tersebut adalah kotak dan segi tiga. Kotak dan segi tiga tersebut diberi tanda. Tanda yang dimaksud penulis dapat berupa angka, huruf, atau warna. Tujuan dari tanda tersebut adalah untuk mengatur ke arah mana pemain pada saat melakukan passing atas. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini, populasi adalah siswa putera SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 20 siswa putera. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total atau seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu sebanyak 20 siswa putera. Sampel setelah diberikan perlakukan dengan antara latihan kotak berwarna dan segi tiga angka. Adapun kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut: 1) Latihan media kotak berwarna memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli; 2) Latihan media segi tiga angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli; dan 3) Latihan kotak berwarna memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap peningkatan passing atas dalam permainan bola voli dibandingkan dengan segi tiga angka.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Bachtiar, N. 2003.”Manajemen Pembelajaran di Sekolah”. Jakarta : Gramedia.
Harsono, (1988), Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching,
Kurniawan, K., & Ramadan, G. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 110-120. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/25
Mamung Amung, Subroto Toto. (2001). Pendekatan Keterampilan Teknis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Olahraga
Nasution (1987). Metode Penelitian. UGM Yogyakarta.
Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas, Jakarta.
Suharno, (1979), Dasar-dasar Bermain Bola Voli dan Peraturannya, Bandung: FPOK IKIP Bandung.
Sukintaka. (1992). Teori bermain penjaskes. Jakarta
Sugiyono, 2009. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.
Sudjana. (1992). Statistik. Bandung. Tarsito
Supandi, K (1991), Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Diktat. Bandung: FPOK Bandung.
Surahman, (1982), Penelitian pendidikan, Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Viera, Barbara L, dan Ferguson, Bonnie, Jill (1996). Bola Voli Tingkat Pemula. Terj. Monti. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Copyright (c) 2017 Boby Agustan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.