Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Sepakbola Melalui Pendekatan Taktis
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan bermain sepakbola siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Garawangi yang masih rendah sehingga mempengaruhi terhadap capaian nilai sebagian besar siswa dibawah KKM dengan nilai 73. Tujuan dari Penelitian Tindakan kelas ini untuk memperbaiki untuk memperbaiki proses dan hasil belajar keterampilan bermain sepakbola melalui suatu pendekatan pembelajaran taktis guna mencapai keberhasilan pengajaran Pendidikan Jasmani. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yaitu siklus I pertemuan 1-2 dan siklus II pertemuan 3-4. Populasi penelitian siswa kelas VIII berjumlah 245, sedangkan sampel penelitian kelas VIII F berjumlah 33 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan bermain sepakbola adalah Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Teknik analisis data yang digunakan yaitu; 1) data kuantitatif berupa penilaian ketuntasan belajar, dan 2) data kualitatif dipaparkan dalam kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan taktis sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan bermain sepakbola siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Garawangi. Hal tersebut di tunjukan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai rata-rata pada setiap siklus yang meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata nilai siswa sebesar 62,27 sedangkan pada siklus II nilai hasil belajar siswa rata-ratanya sebesar 76,76 ini menandakan siswa sudah mencapai KKM sehingga dengan diterapkannya pendekatan taktis dapat meningkatkan keterampilan bermain sepakbola, hal ini di tunjukan bahwa prosentase ketuntasan belajar pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang tinggi yaitu dari 20% menjadi 73%.
Downloads
References
Aqib. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya
Achmad dkk. (2004). Model Pelaksanaan BBE Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas
Metzler, Michael. W. (2000). Instructional Models For Physical Education. United States of America: A Person Education Company
Subroto. (2001). Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olahraga di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta: Depdiknas
Tarigan. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepakbola. Jakarta: Depdiknas
Tite, dkk. (2011). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung\
Sanjaya. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/27
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabet
Copyright (c) 2017 Suhari Suhari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.