Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi

  • Oman Hadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sartono Sartono STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pembelajaran dalam penelitian adalah pendekatan taktis dan pendekatan teknik, sedangkan  potensi akademik terdiri dari tinggi dan rendah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Garawangi Kabupaten Kuningan. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen untuk mengukur potensi akademik menggunakan hasil nilai rapot dan mengukur keterampilan bermain sepakbola menggunakan alat ukur Game Performance Assessment Instrument (GPAI). Hasil analisis anova menunjukan,  model pendekatan taktis dan pendekatan teknik memberikan pengaruh terhadap keetrampilan bermain sepakbola modifikasi. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan potensi akademik terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Uji lanjut tukey’s menunjukkan, model pendekatan taktis dengan pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik tinggi memberikan hasil yang sebanding terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi. Model pendekatan taktis lebih baik dari pada pendekatan teknik pada tingkat potensi akademik rendah terhadap keterampilan bermain sepakbola modifikasi

Keywords: Model, Pembelajaran, Akademik, Keterampilan, Sepakbola

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Sarumpaet, Zulfar Djazet, Parno & Imam Sadikun. 1992. Permainan Besar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Achmad dkk. (2004). Model Pelaksanaan BBE Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas

Bahagia, Yoyo. (2009). Fasilitas dan Perlengkapan Penjas. Bandung: FPOK UPI

Bompa, Tudor O. (1994) Theory and Methodology of Training. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia

Tarigan, Beltasar. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Sepak Bola. Jakarta: Depdikanas.

Hoedaya, Danu. (2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Pembelajaran Bola Basket. Jakarta: Depdiknas.

Mahendra, Agus. (2008). Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Metzler, Michael. W. (2000). Instructional Models For Physical Education. United States of America: A Person Education Company.

Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/27

Sucipto. (2000). Sepak Bola. Jakarta: Depdikbud

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suherman, Adang. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jamani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika

Supardi. (2014). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.
Published
2017-06-27
How to Cite
Hadiana, O., & Sartono, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Potensi Akademik Terhadap Penguasaan Bermain Sepak Bola Modifikasi. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 93-103. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.38
Abstract viewed = 357 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times