Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa
Abstract
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan taktis terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 28 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposif random sampling, kemudian ditentukan secara acak kelas yang pembelajarannya menggunakan model direct teaching. Setelah dilakukan pengundian ternyata diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yaitu sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
References
Juniarti, Y & Ramadan, G. (2017) peningkatan kemampuan fisik motorik melalui permainan sirkuit bola (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B Paud Al-Furqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan (Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2017), 255-260.
Kurniawan, Kurniawan & Ramadan, G., (2017). Pengaruh latihan plyometric terhadap hasil smash pada ekstrakurikuler bolavoli putra di sma negeri 1 luragung. Jurnal Juara Vol . 2 No . 2 Januari 2017, 2(2), 85–95.
Ramadan, G., (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing sepakbola. Jurnal Juara Vol . 3 No . 1 Januari 2017, 3(1), 1–12.
Ramadan, G., & Iskandar, D. (2018). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol . 5 No . 1 Januari 2018, 5(1), 91–100.
Suprijono. (2012). Cooperativ learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Sudjana. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito
Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144.
Trianto (2009) Mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Copyright (c) 2019 Aep Novia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.