Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa

  • Aep Novia STKIP Muhmmadiyah Kuningan

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan taktis terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten  Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 28 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposif random sampling, kemudian ditentukan secara acak kelas yang pembelajarannya menggunakan model direct teaching. Setelah dilakukan pengundian ternyata diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yaitu sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords: Model, Direct teaching, pendekatan taktis, keterampilan, passing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Juniarti, Y & Ramadan, G. (2017) peningkatan kemampuan fisik motorik melalui permainan sirkuit bola (Penelitian Tindakan Pada Kelompok B Paud Al-Furqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan (Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2017), 255-260.

Kurniawan, Kurniawan & Ramadan, G., (2017). Pengaruh latihan plyometric terhadap hasil smash pada ekstrakurikuler bolavoli putra di sma negeri 1 luragung. Jurnal Juara Vol . 2 No . 2 Januari 2017, 2(2), 85–95.

Ramadan, G., (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar passing sepakbola. Jurnal Juara Vol . 3 No . 1 Januari 2017, 3(1), 1–12.

Ramadan, G., & Iskandar, D. (2018). JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol . 5 No . 1 Januari 2018, 5(1), 91–100.

Suprijono. (2012). Cooperativ learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Sudjana. (2005). Metode statistik. Bandung: Tarsito

Tauhidman, H., & Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Keseimbangan untuk Sekolah Dasar. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 133-144.

Trianto (2009) Mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif:Konsep,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Published
2019-04-19
How to Cite
Novia, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(1), 9-14. https://doi.org/10.33222/juara.v4i1.383
Abstract viewed = 495 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times