Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kinerja Guru Terhadap Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

  • Rikky Hermawan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Masalah penelitian adalah “Bagaimana pengaruh implementasi kurikulum 2013 dan kinerja guru terhadap kualitas hasil belajar pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh antara implementasi kurikulum 2013 dan kinerja guru nterhadap kualitas hasil belajar pendidikan jasmani di SD se-Kabupaten Sumedang. Kesimpulan bahwa (1) implementasi kurikulum 2013 terhadap kualitas hasil belajar pendidikan jasmani memiliki pengaruh yang positif, (2) kinerja guru terhadap kualitas hasil belajar pendidikan jasmani berpengaruh positif, (3)implementasi kurikulum 2013 dan kinerja guru secara simultan terhadap kualitas hasil belajar pendidikan jasmani adalah berpengaruh positif. Implementasi kurikulum 2013 dan kinerja guru terhadap kualitas hasil belajar sebesar 0,872 jika dipersentasekan sebesar 76,03 %. Artinya memiliki hubungan yang signifikan, hal ini menjadi bukti bahwa implementasi kurikulum 2013 dan kinerja gurur secara simultan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pendidikan jasmani di SD se-Kabupaten Sumedang

Keywords: Iklim Organisasi, Sekolah, Motivasi Kerja, Produktivitas, Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Djibran, A. (2016). Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Multiple Intelligence. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 15-27. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/55

Hasibuan, Lias. 2010. Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada (GP Press)

Istiqomah. 2013. Sukses Uji Kompetensi Guru. Jakarta : Naga Swadaya

Mangkunegara A.P 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muzamiroh, Mida Latifatul. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kelebihan dan Kelemahan Kurikulum 2013. Penata Aksara : A. Sholikul

Ondi Saondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan.Bandung : PT. Refika Aditama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Published
2017-01-24
How to Cite
Hermawan, R. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kinerja Guru Terhadap Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 49-57. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.31
Abstract viewed = 465 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times