Pengaruh Penerapan Sport Education Model (SEM) Terhadap Hasil Belajar Atletik Kids

  • Dedi Johan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Boby Agustan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah  pengaruhlatihan naik turun bangku dan lari kijang terhadap squat frog jump dalam pembelajaran Atletik Kids bagi siswa kelas v di sd negeri kalimati tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. jumlah populasi ini sebanyak 25 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 20 dengan menggunakan bantuan alat peraga latihan olahraga atletik kids. pemilihan sampel menggunakan teknik probality sampeling jenis simple random sampeling . data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes psikomotorik dan dokumentasi . uji persayaratan analisis menggunakan uji normalitas , uji lineraritas dan uji validitas. metode analisis yang digunakan adalah uji T- tes experimen dan kontrol.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan uji beda standar deviasi kedua kelompok= 2,6 t-hitung = -3,6271< dari t table (11,07) . (2) bahwa siswa kelas V dengan rentang usia 11-13 tahun sudah siap untuk di berikan latihan menggunakan kemampuan otot utuk mengatasi beban (Squat Frog Jump atau Lompat Katak ). (3) teradapat pengaruh yang sangat baik dari latihan naik turun bangku dan latihan lari kijang yang sangat menunjang terhadap lathan squat froog jump dengan berdasarkan hasil ujib validitas antara kelompok experimen dan kelompok kontrol yaitu 0,999 dan 0.998 dan homogenitasnya 7,77 dan 5,42 dari f-hitung tabel 1,43.

Keywords: Lompatan, squat frog jump, Hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adang Suherman. 2004. Dasar-Dasar Penjas. Jakarta. Depdiknas.

Bandi Dhelpie. 2010. Pembelajaran Anak Tunagrhaita. Bandung: RefikaAditama

Beltasar Tarigan. 2000. Penjas Adaptif. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III

Bethy Shilvya romantier. 2014. ”Pengembangan Permainan Pinball dalam penjasorkes kelas IV di SD Negeri I Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun 2014.

Enung Fatimah. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung. Pustaka Setia.

Bjorn Wangemann, Locatelli Elio, dan Gozzolli Charles. 2002. Kid’s Athletics. Terjemahan Suyono Ds. 2002. Jakarta. Staf Set-IAAF RDC.

Makhsan Al Azhar. 2013. “Model Pembelajaran Atletik Melalui Modifikasi Permainan Lari Estafet Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Temanggung Tahun 2011 / 2012”. Skripsi. Program SarjanaUniversitas Negeri Semarang

M. Sajoto. (1995). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize
NourmalaSafitri. 2013. “Model Pembelajaran Gerak Lari Sambil mengucapkan Kata Dasar Untuk Siswa SLB

Tunarungu di SLB Negeri Semaran Tahun 2013”. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Semarang Nunung

Apriyanto. 2012. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajaran.Jogjakarta. Javalitera.

PunajiSetyosari. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugiyanto. 2008. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta. Universitas Terbuka

Wasis D Dwiyogo. . Penelitian dan Pengembangan Olahraga. Malang: Lemlit UNM. 80

Winendra. 2008. Seni Olahraga Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Yani Meimulyani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutu han Khusus. Jakarta: Luximia

Yoyo Bahagia, Ucup Yusup dan Adang Suherman. 2000. Atletik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III

Yudha M. Saputra. 2004. Dasar-Dasar Ketrampilan Gerak. Jakarta. Direktorat Jendral Olahraga
Published
2017-01-22
How to Cite
Johan, D., & Agustan, B. (2017). Pengaruh Penerapan Sport Education Model (SEM) Terhadap Hasil Belajar Atletik Kids. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 26-36. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.29
Abstract viewed = 397 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times