Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun

  • Sartono Sartono STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Firman Adityatama STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Renang merupakan situasi di mana perenang harus mengapung pada air. Seorang anak dapat menguasai renang jika dapat menikmati aktivitas olahraganya. Aktivitas olahraga menggunakan aktivitas akuatik pada anak dapat membantu perkembangan konsep diri untuk meningkatkan adaptif perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh metode pembelajaran renang terhadap kondisi fisik pada anak usia 8 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah anak usia 8 tahun yang berjumlah 30 anak, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan antara lain tes kondisi fisik yang terdiri dari tes berjalan selama 6 menit, tes keseimbangan, tes thrust, tes standing broad jump, tes kekuatan pegangan, tes kekuatan otot, tes kecepatan, dan tes fleksibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%, untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan  uji  persyaratan  analisis  yaitu  dengan  uji  normalitas,  uji  perbedaan  dan persentase peningkatan. Penelitian ini menghasilkan simpulan, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran renang terhadap kondisi fisik pada anak usia 8 tahun.   Hal   ini   dibuktikan   dari   hasil   penghitungan   tes   akhir   kelompok   metode pembelajaran renang yaitu thitung = 161,3268 lebih besar dari pada ttabel  = 2,045 dengan taraf signifikasi 5%.

Keywords: Metode, Pembelajaran, Renang, Kondisi Fisik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandia, P., & Wahidi, R. (2016). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 28-38. doi:10.33222/juara.v1i1.54

Azizi, M. 2011. The Effect Of A Short-Term Creatine Supplementation On Some Of The Anaerobic Performance And Sprint Swimming Records Of Female Competitive Swimmers. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 15 (2011): 1626–1629.

Delucchi, M. 2014. Measuring Student Learning in Social Statistics: A Pretest- Posttest Study of Knowledge Gain. Teaching Sociology 2014, Vol. 42(3) 231-239. American Sociological Association 2014. DOI: 10.1177/0092055X14527909.

Evans, A.B. 2013. “Swim for Health”: Program Evaluation of a Multiagency Aquatic Activity Intervention in the United Kingdom. International Journal of Aquatic Research and Education, 2013, Volume 7, Number 1 [2013], Art. 4, 24-38. Human Kinetics, Inc. DOI: 10.25035/ijare.07.01.04

Fels, I.M.J., Wierike, S.C.M., Hartmana, E., Gemsera, M.T.E., Smith, J., Visschera, C. 2015. The Relationship Between Motor Skills And Cognitive Skills In 4–16 Year Old Typically Developing Children: A Systematic Review. Journal of Science and Medicine in Sport 18 (2015) 697-703.

Grima, R.S., Donate, M., Garcia, J.A., Pires, A.B., Ferrero, A., Carballeira, L., Puig, T., Rodriguez, E., and Cinca, J. 2015. Long-term Follow-up of Early Repolarization Pattern in Elite Athletes. The American Journal of Medicine (2015) 128, 192.e1-192.e9. Doi:10.1016/j.amjmed.2014.06.017.

Jorgic, B., Aleksandrovic, M., and Madić, D. 2012. The Swimming Program Effects On The Gross Motor Function, Mental Adjustment To The Aquatic Environment, And Swimming Skills In Children With Cerebral Palsy: A Pilot Study. Specijalna Edukacija I Rehabilitacija (Beograd), Vol. 11, br. 1. 51-66, 2012.

Kolokoltsev, M.M., Iermakov, S.S., and Jagiello, M. 2018. Physical Condition Of Female Students With Different Level Of Body Mass Deficiency. Physical Education Of Students, 2018; 22(2): 63-69. Doi:10.15561/20755279.2018.0202

Sekot, A. 2017. Sociological Perspective Of Sport. The Spark, Vol.2, Issue 1, 2017: 28-44

Struzzolino, I., Masci I., Vannozzi G., and Forte R. 2013. Cognitively Challenging Physical Activity Benefits Executive Function In Overweight Children. Journal of Sports Sciences, September 2013 Taylor & Francis. DOI: 10.1080/02640414.2013.828849. Source: PubMed. http://dx.doi.org/10.1080/02640414.2013.828849, 2013 Taylor & Francis.

Yılmaz, I., Konukman, F., Birkan, B., Ozen, A., Yanardagù, M., and Camursoy, I. 2010. Effects of Constant Time Delay Procedure on the Halliwick’s Method of Swimming Rotation Skills for Children with Autism. Education and Training in Autism and Developmental Disabilities, 2010, 45(1), 124-135.

Zaina, F., Donzelli, S., Lusini, M., Minnella, S. and Negrini, S. 2014. Swimming and Spinal Deformities: A Cross-Sectional Study. Portions of The Study Were Presented At The International Society for The Study of the Lumbar Spine Meeting, May 13-17, 2013, Scottsdale, AZ. 0022-3476/$ - see front matter. Copyright 2014 Elsevier Inc. All rights reserved. http://dx.doi.org/10.1016/j.jpeds.2014.09.024.
Published
2018-07-30
How to Cite
Sartono, S., & Adityatama, F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 112-118. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262
Abstract viewed = 1382 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times