Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Permainan Hitam Hijau Pada Siswa

  • Andreas Juhara SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana

Abstract

Pembelajaran lari sprint siswa kelas V SD Negeri Padamenak banyak mengalami permasalahan yang timbul dalam pembelajaran dengan hasil pembelajaran siswa yang kurang dari nilai rata-rata dibawah nilai KKM 75 yang telah ditentukan guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau pada siswa kelas V SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2014/2015.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research), tindakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua siklus, dalam tiap siklus menunjukan perkembangan proses pembelajaran jasmani pada materi lari sprint. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Padamenak pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 50 siswa terdiri atas 22 siswa putra dan 28 siswa putri. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang meliputi ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Data penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran lari sprint melalui penerapan permainan hitam hijau dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint dari kondisi awal persentase siswa yang nilainya mencapai KKM 75 sebesar 40% atau 20 anak dari jumlah keseluruhan siswa, pada tindakan siklus pertama persentase siswa yang nilainya mencapai KKM mencapai 70% atau sebanyak 35 siswa kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan belajar mencapai 86% atau sebanyak 43 siswa.  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan hitam hijau pada materi pembelajaran lari sprint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri Padamenak Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Penulis memberi saran bagi guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukan dapat meningkat sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Keywords: Lari, Sprint, Permainan, Hitam, Hijau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir Ateng,(1992), Azas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti

Abin Syamsudin M, 2002. Pendekatan Dan Metode Pembelajaran.

Agus Mahendra, 2008. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka

Anni, C.T,(2004). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press

Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Moh. Surya, 1997. Ciri-ciri perubahan perilaku belajar dari beberapa ahli pendidika.

Nadisah, (1992).Pengembangan kurikulum pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Rumini, 2003. Model Pembelajaran Atletik, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Depdiknas.

Sudjana, (1990). Strategi Pembelajaran.

Soegijanto, soedjarwo, (1992). Permainan Kecil.Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Suryo,(1992). Psikologi Belajar.
Jakarta: Universitas Terbuka

Waluyo, (2011). Teknologi Pendidikan dalam Penjas. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Yosaphat Sumardi, 2000. Dasar – Dasar Atletik. Universitas Terbuka. Depdikbub.

Yoyo, B. Yusuf, U., Suherman, A. (2000), Atletik. Depdikbud. Dirjendikdasmen
Published
2016-07-27
How to Cite
Juhara, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Permainan Hitam Hijau Pada Siswa. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 84-93. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.22
Abstract viewed = 414 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times