Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing Bola Pada Sekolah Sepakbola Turangga Sakti

  • Yosi Iskandar STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Boby Agustan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing pada Siswa Turangga Sakti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan taktis terhadap keterampilan passing dalam sepak bola di sekolah sepakbola Turangga Sakti. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan membagi menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan tidak ada perlakuan pendekatan taktis dan kelompok eksperimen dengan perlakuan pendekatan taktis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa sekolah sepakbola Turangga Sakti yang berjumlah 96 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passingdengan melakukan teste dengan jarak 4 meter dengan durasi waktu 30 detik yang dilakukan dilapangan dan diruangan. Analisis data menggunakan uji t dan persentase. Hasil pengujian menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang signifikan pada hasil pre tes dan post tesdengan t uji t  didapat nilai t = 2.349 dengan derejat kebebasan n1 + n2 – 2 = 48 + 48 – 2 = 94 dan p-value (2-tailed) = 0,021. Uji hipotesis yang dilakukan adalah hipotesis satu sisi nailai p-value (2-tailed) dibagi menjadi 2.349 : 2 = 0,11745 karena harga p-value = 0,11745 lebi kecil dari α = 0,05 maka Ho ditolak. Artinya ada pengaruh penerapan pendekatan taktis terhadap keterampilan passing siswa Sekolah Sepakbola Turangga Sakti.

Keywords: Pendekatan, taktis, keterampilan, passing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard.(2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

C. Asri Budiningsih. (2006). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Jumhana, J., & Agustan, B. (2016). Pengaruh Model Directinstruction Terhadap Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(1), 46-50. doi:10.33222/juara.v1i1.57

Justinus Lhaksana.(2012) .Taktik dan Strategi Futsal modern.Depok: Be Champion.

Komarudin. (2005). Diktat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurusan Pendidikan Olahraga. FIK UNY

Murhananto.(2006). Dasar-dasar Permainan Futsal (Sesuai dengan Peraturan FIFA). Jakarta: PT. Kawan Pustaka.

Nurhasan. 1999. “Tes dan Pengukuran”. Yogyakarta: Kanisius.

Nanang Riyadi. (2013). Tingkat Keterampilan Kemampuan Dasar Bermain Futsal yang Menggunakan Lapangan Agung Futsal Jatianom Klaten.Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Nurhasan. (2001). Tes dan pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani: Prinsip-Prinsip dan Penerapannya. Jakarta: Depdiknas.

Ramadan, G. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10. doi:10.33222/juara.v2i1.27

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem based Learning Itu Perlu untuk meningkatkan profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia

Luxbacher. Joseph.1997. Sepak Bola. Langkah-langkah Menuju Sukses. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Subroto. 2001. Pembelajaran Keterampilan dan Konsep Olah Raga Di Sekolah Dasar Sebuah Penekatan Permainan Taktis. Jakarta. Depdiknas. Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah.

Sucipto, dkk. 2000.Sepakbola.Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Justinus Lhaksana Ishak H.

Pardosi.(2008) .Inspirasi dan Spirit Futsal. Jakarta.

Sahda Halim. (2009) .1 hari pintar main futsal.Yogyakarta: Penerbit Media presindo.
Published
2018-01-26
How to Cite
Iskandar, Y., & Agustan, B. (2018). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing Bola Pada Sekolah Sepakbola Turangga Sakti. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 8-17. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.211
Abstract viewed = 586 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times