Meningkatkan Teknik Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain Lompat Kanguru
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk miningkatkan teknik siswa. Subyek penelitian tindakan kelas akan diikuti oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Ciherang Kec. Kadugede Kab. Kuningan Tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pelaksanan perbaikan aktifitas pembelajaran siswa berjalan cukup baik. Hasil dari siklus I pada pertemuan I nilai rata-rata adalah 1,90 dan pada pertemuan II nilai rata-rata adalah 2,71. Sedangkan hasil dari siklus II pada pertemuan I nilai rata-rata adalah 3,38 dan pada pertemuan II nilai rata-rata adalah 3,66 setiap pertemuan mengalami peningkatan yang cukup baik. Pelaksanaan perbaikan aktifitas pembelajaran guru berjalan cukup baik dengan nilai aktivitas guru 2,42 (dalam skala 1-5) pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II menjadi 4,28. Sedangkan pada siklus II nilai aktifitas guru meningkat prestasi belajarnya dari putaran I adalah 3,57 dan putaran II adalah 4,71.
Downloads
References
Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Aip Syarifuddin, dkk. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen pendidkan dan kebudayaan.
Bismo Suryatmo, dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas IV. Jakarta: PT. Widya Utama.
Bismo Suryatmo, dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas V. Jakarta: PT. Widya Utama.
Buku Panduan penulisan skripsi fakultas ilmu keolahragaan, 2011. Universitas Negeri Semarang.
Catharina tri anni, dkk. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Eko Suwarso, dkk.2010. pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.Jakarta: PT. Arya Duta
Juari, dkk. 2010. Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: CV Bina Pustaka.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1991. Perrkembangan dan belajar gerak, modul 1-6. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Syarifudin. 2009. Tahapan Belajar Gerak dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Copyright (c) 2016 Mas'ud Mas'ud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.