Evaluasi Program Pembinaan Atletik di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan

  • Budi Budi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lismadiana Lismadiana Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program pembinaan atletik di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan dengan menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah mix method terdiri dari kualitatif dan kuantitatif. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus, pelatih dan atlet di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan yang jumlah seluruhnya 36 orang. Penelitian ini dilakukan di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan hasil evaluasi program pembinaan atletik di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan sudah berjalan dengan baik. Dari segi konteks sudah berjalan dengan baik, dan telah sesuai dengan tujuan program yang disusun. Sedangkan ditinjau dari segi input, masih belum berjalan sesuai dengan harapan, ini dikarenakan program pembinaan masih terkendala masalah pendanaan, begitu juga keberadaan sarana dan prasarana yang masih belum sesuai dengan standar lomba. Ditinjau dari segi proses, pelaksanaan program pembinaan sudah berjalan baik, monitoring yang rutin dilaksanakan oleh KONI dan pengurus Pengcab PASI cukup membantu meningkatkan motivasi para atlet, sedangkan ditinjau dari segi product, berjalan baik dan sesuai dengan harapan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Khathami, A. D. (2012). Evaluation of Saudi family medicine training program: The application of CIPP evaluation format. Medical Teacher, 34(SUPPL. 1), 81–89. https://doi.org/ 10.3109/ 0142159X. 2012.656752

Baghurst, T., Fiaud, V., Tapps, T., Bounds, E., & LaGasse, A. (2018). Considerations When Coaching the International Athlete. International Journal of Kinesiology in Higher Education, 2(3), 76–86. https://doi.org/10.1080/ 24711616. 2018. 1425936

Blackett, A. D., Evans, A. B., & Piggott, D. (2020). Negotiating a coach identity: a theoretical critique of elite athletes’ transitions into post-athletic high-performance coaching roles. Sport, Education and Society, 0(0), 1–13. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1787371

Candrawati, Y. (2018). Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Voli pada SMK Negeri di Kota Bengkulu. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 44–48.

Dohsten, J., Barker-Ruchti, N., & Lindgren, E. C. (2020). Caring as sustainable coaching in elite athletics: benefits and challenges. Sports Coaching Review, 9(1), 48–70. https://doi.org/10.1080/21640629.2018.1558896

Dunn, J. L. (2009). Using Learning Preferences to Improve Coaching and Athletic Performance. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 80(3), 30–37. https://doi.org/10.1080/07303084.2009.10598294

Falaahudin, A., & Sugiyanto, F. (2013). Evaluasi Program Pembinaan Renang Di Klub Tirta Serayu, Tcs, Bumi Pala, Dezender, Spectrum Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.21831/jk.v1i1.2342

Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga: Teori dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Irmansyah, J. (2017). Evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga bola voli pantai. Jurnal Keolahragaan, 5(1), 24. https://doi.org/ 10.21831/ jk.v5i1. 12759

Jack R. Frankel., Norman E. Wellen., H. H. Y. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. In M. Ryan (Ed.), How to Design and Evaluate Research in Education (8th-ed ed., pp. 1–642). New York: McGraw-Hill.

Jim Denison. (2007). Coaching Knowledges: Understanding the Dynamics of Sport Performance (J. Denison, ed.). London: A & C Black Publishers Ltd.

Makorohim, M. F. (2016). Evaluasi Program Pembinaan Tim Bolavoli Puteri Sumatera Selatan. Journal Sport Area, 1(1), 47. https:// doi.org/ 10.30814/ sportarea.v1i1.379

McGarry, T., Anderson, D. I., Wallace, S. A., Hughes, M. D., & Franks, I. M. (2002). Sport competition as a dynamical self-organizing system. Journal of Sports Sciences, 20(10), 771–781. https://doi.org/10.1080/026404102320675620

Molope, M., & Oduaran, A. (2020). Evaluation of the community development practitioners’ professional development programme: CIPP model application. Development in Practice, 30(2), 194–206. https://doi.org/ 10.1080/09614524.2019.1650894

Mudha Prasetya Budi. (2015). Manajemen Pembinaan Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Cabang Atletik Jawa Tengah di Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(4), 1772–1776.

Muslimin, M., & Hidayat, A. (2017). Evaluasi Program Pembinaan Tim Sepakbola Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan Tahun 2016. Journal Sport Area, 2(2), 53. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).776

Myers, N. D., Feltz, D. L., Maier, K. S., Wolfe, E. W., & Reckase, M. D. (2006). Athletes’ evaluations of their head coach’s coaching competency. Research Quarterly for Exercise and Sport, 77(1), 111–121. https://doi.org/ 10.1080/ 02701367. 2006.10599337

Nathanson, S. J. (1979). Athletic Coaching Competencies. Journal of Physical Education and Recreation, 50(5), 37–60. https://doi.org/10.1080/00971170.1979.10618917

Rumini, & Rani, A. (2016). Pembinaan Prestasi di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 5(2), 47–52.

Tudor O. Bompa & Michael Carrera. (2015). Conditioning Young Athletes. In Dk (Vol. 53). United Kingdom: Human Kinetics.

Published
2020-07-26
How to Cite
Budi, B., & Lismadiana, L. (2020). Evaluasi Program Pembinaan Atletik di Pengcab PASI Kabupaten Kuningan. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 209-221. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.1029
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 0 times