Penerapan Project Based Learning Pada Pendidikan Jasmani di Masa Social Distancing Pandemic Covid -19

Abstract

Kebijakan belajar di rumah akibat pandemic Covid-19 berdampak terhadap proses pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi penerapan metode Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dimasa Social Distancing Pandemic Covid-19. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitaitf menurut Creswell. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Merauke kelas VIIa yang berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani yang dilaksanakan secara mandiri di rumah siswa masing-masing berjalan sangat baik dan mampu memberikan pengalaman belajar yang tidak kalah dengan bentuk pembelajaran tatap muka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Project Based Learning dalam bentuk blended dapat digunakan guru sebagai contoh dan pedoman guru Pendidikan Jasmani dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dimasa Social Distancing Pandemic Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhojailan, M. I. (2012). Thematic Analysis: A Critical Review Of Its Process And Evaluation. West East Journal of Social Sciences, 1(1), 39–47. Retrieved from https://fac.ksu.edu.sa/sites/default/files/ta_thematic_analysis_dr_mohammed_alhojailan.pdf

Arianto, I. ., B, S., & S, L. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Ngawen. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(2), 96–101. Retrieved from http://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/download/288/pdf

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19 . (March). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.; V. K. Editorial, ed.). Retrieved from http://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

El-seoud, M. S. A., Seddiek, N., El-khouly, M. M., & Nosseir, A. (2009). E-Learning and Students ’ Motivation : A Research Study on the Effect of E-Learning on Higher Education. I-Jet Journal, 9(4), 20–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465

Hidayat, A. K. (2016). Meningkatkan Pemahaman Massage Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PJKR Angkatan 2012 Universitas Musamus. Jurnal Magistra, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v3i2.593

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 (1st ed.). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu.

Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disase (Covid-19). , (2020).

Nakayama, M., Yamamoto, H., & Rowena Santiago. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, 5(3), 195–206. Retrieved from http://www.ejel.org/issue/download.html?idArticle=36

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.333

Saifuddin, M. F. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Vardika, 29(2), 102–109. https://doi.org/http://10.23917/varidika.v29i2.5637

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. 7(1), 76–81.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negero Sidoarjo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/10703

Triani, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 3(4), 1–11. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpg/article/view/9928

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 81–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. PYTHAGORAS, 2(1), 10–23. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf

Yurianto, A., Wibowo, B., Pritasari, K., Adisasmita, W., Subuh, M., Slamet, … Pane, M. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) (4th ed.; L. Aziza, ed.). Retrieved from https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19 dokumen resmi/2 Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).pdf

Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104

Published
2020-11-10
How to Cite
Hidayat, A. K. (2020). Penerapan Project Based Learning Pada Pendidikan Jasmani di Masa Social Distancing Pandemic Covid -19. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1003
Abstract viewed = 73 times
PDF downloaded = 0 times