Penerapan Model Inquiri Terhadap Hasil Belajar Back Roll Senam Lantai Pada Siswa Kelas X MA Pembangunan

  • Nur Ainunnayah Isnaini STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

Abstract

Nur Ainunnayah Isnaini (NIM: 182223086) Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membekali peserta didik dalam menghadapi masa depan. Dan pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran dimana peserta didik dapat aktif, menumbuhkan potensi yang ada dalam dirinya. Untuk itu, proses pembelajaran yang berarti akan menentukan terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Siswa perlu diberikan bimbingan, dorongan, dan kesempatan yang memadai untuk belajar dan mempelajari hal-hal yang mereka perintahkan dalam hidup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakanPretest-posttest Control Group Design atau desain kelompok kontrol eksperimental. Kesimpulan dari hasil data di atas adalah penerapan model inkuiri terhadap hasil belajar senam lantai guling belakang pada kelas X MA Pengembangan Mandirancan terjadi peningkatan untuk kelompok eksperimen sebesar 32,34 dan untuk kelas kontrol sebesar 32,34 33,87. Dengan demikian model inkuiri sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai guling belakang . Hasil penelitian ini menggunakan Pretest-posttest Control Group Design atau desain kelompok kontrol eksperimentalyang dalam menghitung data penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 21 dengan taraf 0,000 0,05. . dari hasil penelitian penerapan model inkuiri terhadap hasil belajar guling belakang senam lantai pada siswa kelas X MA Pengembangan yang menerapkan model inkuiri mengalami peningkatan total pada kelas eksperimen sebesar 32,34 dan kelas kontrol sebesar 33,87 untuk peningkatan tersebut berasal dari hasil pretest dan posttest . Dengan demikian model inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.

Keywords: Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN. (2012). guling depan, 18-22.
METODOLOGI PENELITIAN. (2020). Malang.
Andiyani, F. (2012). Dr. Olahraga Menjelaskan Senam Lantai. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka Persero.
Bagun, S. Y., & Fitiyani, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN. Physical Education, Health and Recreation, 1-11.
bangun, s. y., & fitriyani, s. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN. hasil belajar guling belakang senam , 2-6.
Harisany, R. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PEALAJARAN DAYA TEGANGAN RENDAH SMK 1 SEDAYU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE GI. hasil belajar, 1-103.
Hasan, D. M., & Harahap, D. K. (2021). Landasan Pendidikan. Jawa Tengah: Penerbit Tahta Media Group.
Lovisa, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 1-10.
Morni, Wiwik, & Andika. (2016). METODE MENINGKATKAN KEBERANIAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SENAM LANTAI ROLL BELAKANG. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP UNTAN, Pontianak , 1-10.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., & Kukuh, N. M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
N. Eka, d. P., & Asih, N. M. (2012). Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran. Universitas Udayana, 1-63.
Patrianingsih, N. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Guling Belakang Melalui Alat Bantu Pembelajaran . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret , 1-62.
Prasetyo, I. D., & Sunarti. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO. Pendidikan Jasmani Indonesia, 5-10.
Sari, Y. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Roll Belakang Pada Siswa Siswi Kelas VIII SMP Negeri 4 Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 75-80.
Sugiyono, p. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d . Bandung: Alfabeta.
Titting, F., Hidayah, T., & Pranomo, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmanii Olahraga dan Kesehatan Di SMA. Journal Phisycal Education and Sport, 120-126.
Tugimin. (2012). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN. Upaya meningkatkan hasil belajar guling depan, 1-68.
Published
2023-04-11
How to Cite
Ainunnayah Isnaini, N. (2023). Penerapan Model Inquiri Terhadap Hasil Belajar Back Roll Senam Lantai Pada Siswa Kelas X MA Pembangunan. Journal of Physical Education and Sport Science, 5(1), 9-13. https://doi.org/10.33222/jpess.v5i1.2376
Abstract viewed = 66 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 56 times