PENGARUH LATIHAN DRIBBLING BOLAK-BALIK DAN DRIBBLING ZIG-ZAG TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN DRIBBLE AKADEMI FUTSAL TOKO KECIL KUNINGAN
Abstract
Fiqhan Ilman Nirwana (NIM 182223053) (2021) dengan judul “Pengaruh latihan dribbling bolak balik dan zigzag terhadap peningkatan kecepatan dribble dalam permainan futsal akademi futsal Toko Kecil Kuningan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dribbling bolak balik dan zigzag terhadap peningkatan kecepatan dribble pemain futsal akademi futsal Toko Kecil Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Ramcangan penelitian yang digunakan adalah two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik random sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Instrument penelitian adalah tes Illinois agility run test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dribbling bolak-balik dan dribbling zig-zag terhadap peningkatan kecepatan dribble dalam permainan futsal akademi futsal Toko Kecil Kuningan. Dari hasil pengujian statistic dalam kelompok 1 dan 2 dengan nilai 0,000 lebih kecil 0,05. Uji yang dilakukan SPSS 21.0 for windows menunjukan data berdistribusi normal, bervariansi homogeny, maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh latihan dribbling bolak-balik dan dribbling zig-zag terhadap peningkatan kecepatan dribble dalam permainan futsal akademi futsal Toko Kecil Kuningan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan dribbling bolak-balik dan dribbling zig-zag terhadap peningkatan kecepatan dribble dalam permainan futsal akademi futsal Toko Kecil Kuningan.
Downloads
References
Andrianis, R., Anwar, M., & Zulwisli, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Web Dinamis Kelas Xi Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Padang Panjang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 6(1), 2016–2019. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i1.10425
Fasha, L. V., Studi, P., Jasmani, P., & Kesehatan, D. (2021). Pengaruh latihan zig-zag run terhadap hasil kelincahan dribbling bola pemain futsal club brancos ladies lubuklinggau skripsi.
Hasan, Musfira, N., & Syam, N. (2020). Pengaruh Latihan Zig-Zag Run Dan Latihan Boomerang Run Terhadap Kelincahan Menggiring Bola Dalam Permainan Futsal Siswa Smp Negeri 10 Makassar. Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 38–49. https://ojs.unm.ac.id/jspe/article/view/14822
Hawindri, B. S. (2017). Pemanfaatan panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet pemula. Ilmu Keolahragaan, 11(4), 284–290. http://pasca.um.ac.id /conferences /index.php/SNPJ/article/view/1009
Komariah, N., Rukmi, S., & Asri. (2008). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS I SD 1 BALONGPANGGANG GRESIK Nurul Komariah Abstrak.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian. Unesa University Press.
Ola, A. (2013). Survey VO2max Atlet Tim Futsal Kombat Makassar FC. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pengaruh, P., & Fajar, M. (2017). Perbedaan Pengaruh latihan Dribbling ….( Mutiara Fajar). 79–88.
Penyunting, K., Penyunting, W. K., Ahli, P., Usaha, P. T., Rifki, M. S., & Komaini, A. (2013). Sport science. 19.
Sin, T. H. (2018). Tjung Hauw Sin. Saat Ini Dosen Jurusan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Ilmu Keolahragaan, Disiplin Atlet Dalam Latihan, 3. http://sportasaintika.ppj.unp.ac.id/index.php/sporta/ article/download/46/18/
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sumarsono, A., & Ramadona, L. E. S. (2019). Sumbangan Dua Metode Latihan Agility Terhadap Koordinasi Kaki Pada Pemain Futsal. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 1(2), 026–037. https://doi.org/10. 35724/mjpes.v1i2.1144
Wirayuda, A. S. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kepemimpinan Peserta Didik ( Student Leadership ) Di Smk Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2017 / 2018. 1(1), 46–59.
Copyright (c) 2022 Fiqhan Ilman Nirwana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.