PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS

  • Indar Setia Adi Saputra Stkip Muhammadiyah Kuningan
  • Ribut Wahidi Stkip Muhammadiyah Kuningan

Abstract

The selection of learning methods is influenced by several factors, some of which are the selection of learning methods according to the characteristics of the class and also the existing facilities and infrastructure. Application of Part and Overall Learning Methods to Free Style Swimming Ability, Health and Recreation Physical Education Study Program, 2020, 43 pages. The purpose of this study was to determine the ability to master the specific motion of freestyle swimming through the application of part method and whole method. This research is a non-experimental method (ex post facto). The study population was 23 students of PJKR semester 1 class C STKIP Muhammadiyah Kuningan. The sample set in this study was 23 people. The research instrument used in this study was the critical swim speed, using the CSS calculation format. The data analysis technique used the t test at the 5% significance level. To fulfill the assumptions, this research was conducted by using the analysis prerequisite test, namely the normality test, homogeneity test, t score test, and hypothesis testing. The results showed that the part method learning method had a significant effect on the freestyle swimming ability of the 1st semester PJKR students class C STKIP Muhammadiyah Kuningan. This is evidenced by the results of the calculation of the final freestyle swimming test, namely t count 22.024> t table 1.71714 with a significance level of 5%.

Keywords: part, overall, freestyle swimming

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Abdul Malik. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Antara Metode Bagian Dengan Keseluruhan Pada Mahasiswa Penjaskesrek FKIP UNSYIAH Angkatan 2010. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah. Volume 1, Nomor 1: 54-63.
Ali Maksum. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Arif, M. S. 2011. Pengertian Strategi, Metode, Teknik [Online]. http://blog.elearning.unesa.ac.id/m-saikhul-arif?p/.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiningsih, Annayanti. 2010. Berenang Gaya Bebas. Kudus: PT. Pura Barutama.
Brian, Mackenzie. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. Inggris : Electric World plc.
Dede Yusup, Indra Safari, dan Yogi Akin. 2018. Pengaruh Whole Method and Part Method Terhadap Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di SDN 1 Jemaras Lor. Prosiding Seminar Nasional “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek”.
Dyo Rizky Hadi Soekirno. 2017. Pengaruh Metode Small Sided Games dan Metode Bagian Terhadap Hasil Belajar Passing- Control SepakBola. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017, 125-137.
Farida Mulyaningsih, dkk. 2009. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Kelas V. Klaten: PT Intan Pariwara.
Firdaus, Hidir. 2014. Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) terhadap Kemampuan Siswa dalam Melakukan Smash Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 363-369.
Galih, Setiawan. 2013. Perbedaan Metode Latihan Keseluruhan Dan Bagian Terhadap Kemampuan Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Mini Pada Peserta Ekstrakurikuler Siswa Putra Usia 9-12 Tahun SD Negeri Wonosido Pituruh Purworejo. Yogyakarta : Skripsi FIK UNY.
Haller, David. 2007. Belajar Berenang. Bandung: Pionir Jaya.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Muhammad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harsono. 2017. Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jiwa, I. K. 2019. Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1): 65-71.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Muhajir. 2004. Pengertian Renang dan Gaya Bebas. Jakarta: Ghalia Indonesia Printing.
Prastowo, Gurit. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Part Practice Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014, 747-749.
Putro, Bijak Laksono. 2015. Perbandingan Metode Par Practice dengan Metode Whole Practice dalam Pembelajaran Shooting Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2015, 586-590.
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens.
Ramadan, G. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(1), 1-10.
Rianto, H. 2016. Perbandingan Metode Pembelajaran Part Practice dan Whole Practice Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Bola Voli (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Arjasa Sumenep Tahun Ajaran 2014-2015). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(3), 678-685.
Rima Anindiyah P. 2017. Perbandingan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Shooting Dalam Permainan Bola
Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017, 490-495.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta : Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sutikno, M. S. 2009. Belajar dan Pembelajaran “Upaya Kreatif dalam MewujudkanPembelajaran yang Berhasil”. Cetakan Kelima, Bandung: Prospect.
W. James Popham dan Baker, Eva L. 2005. Tekhnik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiarto, Giri. 2015. Inovasi Pembelajaran
Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.
Yanuarti, Nina. 2016. Penerapan Metode Bagian dan Metode Keseluruhan (Part Method and Whole Method) Dalam Pembelajaran Penjas Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Gerak Anak Tunanetra Kelas IV Di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2020-04-30
How to Cite
Setia Adi Saputra, I., & Wahidi, R. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGIAN DAN KESELURUHAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG GAYA BEBAS . Journal of Physical Education and Sport Science, 2(1), 7-11. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jpess/article/view/1256
Abstract viewed = 566 times
PDF downloaded = 312 times