PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMAHAMAN ISI DONGENG DI SMP YAPIDA CISAYONG TASIKMALAYA
Abstract
the result of research on the influence of methods Role Playing on the ability to understand the content fairytale Seventh Grade Students of SMP YAPIDA Cisayong Tasikmalaya. Abilty understand the contents of a fairy tale in the junior class VII YAPIDA Cisayong Tasikmalaya before using Method Role Playing result quite satisfactory, because it is different. The Role Playing method is used to improve the ability to understand the fairy tales of students applied in pretest and postes as "acts". And the existing data and whether the data and data that there is data. Test gain (difference data hasilanalisis) and hypothesis test (measurement epektip not the result of analysis). Of the 34 students 27 (79.4%) students have been able to play, while 7 (20.6%) of students still do not understand the contents of a fairy tale mampuh. The ability of students in postesbisa in total score averaged 20.1 There is a significant difference between the ability of students before and after using the method of role playing, it can be seen from testing the hypothesis. Therefore, we can conclude this study to understand the lesson effective in letting improve fairytale Class VII student of SMP YAPIDA Cisayong Tasikmalaya. Role Playing method has been proven effective in improving the ability to understand the contents of fairy tales can also utilized for other lessons.
Downloads
References
Anonim, 2006. Standar Kompetensi Dan Dasar Kompetensi Dasar. Bandung.
Aminudin. 1987. Pengantar Aprésiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Danandjaja, James. 2002. Folklor Indonésia: Ilmu Gosip, Dongéng dan lain-lain. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.
Dadang Dally.2013, Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar mata pelajaran bahasa dan sastra sunda, Bandung
Faturohman, Taufik. 1983. Ulikan Sastra. Bandung: Djatnika Jurusan Pendidikan Bahasa Daérah FPBS IKIP Bandung. Garis-garisbesar Program Pengajaran Bidang Studi Bahasa dan Sastra Sunda untuk SMP Tahun 1984. Bandung.
Koswara, Dedi. 2011. Racikan Sastra. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daérah FPBS UPI.
LBSS,Juli 1981, Kamus Umum Basa Sunda, Tarate Bandung.
Prawirasumantri, dspk. 1981. Penelitian Cerita Rakyat Panjalu (Priangan Timur) IKIP Bandung.
Sriyandi.2008. Metode Role Playing [online]. http://www.wordpress.com [19 Januari 2017]
Sukmadinata, Nana Syaodih,2010, MetodePenelitianPendidikan,RosdaKarya, Bandung.
Sujiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramédia.
SumarjoJakob, K.M. Saini, 1988. Memahami Kesustraan Sunda. Bandung: Alumni.
Sumarsono, Tatang, 1995. Maher Basa Sunda( Pangdeudeul Pangajaran Basa Sunda ), CV. Geger Sunten Bandung.
Sumarsono, Tatang. 1983. Pedaran Sastra Sunda. Bandung: Medal Agung.
Sutari, Ice, KY, dkk. Menyimak. Jakarta : Depdikbud
Susetyo, B. 2012.Statistika Untuk Analisi Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Widaniawati, Wiwin. 2011,Ajen-ajen Étno pédagogi dina Dongeng di Kota Tasikmalaya (Ulikan Struktural jeung Hermeneutik), Tesis, UPI.
Rosidi, Ajip. sipucuk kalumpang dongéng sudabuhun, Bandung: PT Kiblat.
Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung ; Alfabeta.
Copyright (c) 2017 PBSD STKIP M KUNINGAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya