NASKAH PARIRIMBON TATANEN: KAJIAN FILOLOGI DAN STRUKTURAL

  • Ripal Maulana Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya naskah-naskah Sunda kuno yang menggunakan aksara, yang pada saat ini sudah jarang dipakai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi naskah, transliterasi, dan edisi teks dari naskah yang aksaranya sudah jarang dipakai tersebut, serta deskripsi struktur paririmbon dan mantra dalam naskah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian filologi dan analisis deskripsi tentang transliterasi naskah, dan struktur paririmbon dan juga mantra yang terkandung di dalam naskah Paririmbon Tatanén (PT). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi pustaka, studi lapangan, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah transliterasi dan edisi teks naskah PT, dan 28 teks yang terbagi menjadi 3 teks non mantra dan 25 teks mantra. Struktur paririmbon yang terkandung di dalam naskah tersebut meliput judul dan isi, sedangkan struktur mantra yang terkandung di dalam naskah tersebut bisa dikategorikan menjadi 12 teks mantra jangjawokan, 8 teks mantra ajian, 1 teks mantra singlar, dan 4 teks mantra rajah. Berdasarkan hasil analisis deskripsi teks mantra, diketahui terdapat 82 makhluk halus yang dipanggil, 32 keterangan latar, 11 subjek lirik, 55 objek lirik, beberapa isi ceritaan, dan beberapa tujuan ceritaan teks mantra, sedangkan berdasarkan hasil analisis deskripsi konteks meliputi asal-usul naskah, syarat membeli naskah, barang-barang atau alat-alat yang harus disediakan, dan cara memperoleh naskah.

Keywords: mantra, paririmbon, naskah kuno

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darajat, D., & Suherman, A. (2021). Names and Terms of Livelihood of Sundanese People: An Ethnolinguistic Study: Nama dan Istilah Mata Pencaharian Masyarakat Sunda: Sebuah Kajian Etnolinguistik. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 5(2), 211-223.

Dwiyanti, R., & Suherman, A. (2019). Unsur Budaya Dalam Cerita Film Cakra Buana Karya Sutradara Massimo Burhanuddin. Lokabasa, 10(2), 204-213.

Hernawan, H., Ruhaliah, R., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Sundanese Culture-based Ecoliteracy. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Isnendes, R. (1998). Puisi Mantra di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi: Analisis Deskriptif Teks dan Konteks. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Isnendes, R. (2010). Kajian Sastra: Aplikasi Teori & Kritik pada Karya Sastra Sunda dan Indonesia. Bandung: Daluang Publishing.

Jamil, E. A. (2012). Palintangan Sunda: Ulikan Semiotik jeung Filologis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Koswara, D. (2013). Racikan Sastra: Pangdeudeul Bahan Perkuliahan Sastra Sunda (Diktat). Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia.

Koswara , D., Dallyono , R., Suherman , A., & Hyangsewu , P. (2021). The Analytical Scoring Assessment Usage to Examine Sundanese Students’ Performance in Writing Descriptive Texts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 573-583.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Ruhaliah. (2018a). Adegan Basa Sunda Kuna. Bandung: Departemen Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ruhaliah. (2018b). Wawacan: Sebuah Genre Sastra Sunda. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.

Ruhaliah. (2020). Filologi ti Bihari ka Kiwari. Bandung: UPI Press.

Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kesundaan. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman, A. (2017). Wawacan Pandita Sawang sebagai Naskah Keagamaan: Tinjauan Kedudukan dan Fungsi. Manuskripta, 7 (2), 34-48.

Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271.

Suherman, A., Ma’mun, T. N., Darsa, U. A., & Ikhwan, I. (2021). The Values of Local Wisdom in Wawacan Pandita Sawang Manuscripts. Lokabasa, 12(2), 233-243.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryaatmana, E., dkk. (1992). Paririmbon Sunda (Jawa Barat). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2022-04-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1514 times
pdf downloaded = 780 times