STRUKTUR SAJAK DALAM KUMPULAN SAJAK KIDANG KAWISAYA KARANGAN CHYÉ RÉTTY ISNÉNDÉS SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN MEMBACA SAJAK DI SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai struktur sajak yang ada dalam buku kumpulan sajak Kidang Kawisaya, serta untuk mengetahui sesuai tidaknya buku kumpulan sajak Kidang Kawisaya dijadikan sebagai bahan pengajaran membaca sajak di SMP Kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 sajak yang ada dalam buku kumpulan sajak Kidang Kawisaya serta hasil skor tes uji coba 23 siswa SMP Negeri 2 Kramatmulya Kelas VIII-D, semester II tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan melalui tehnik studi pustaka dan analisis data. Keabsahan data dibuktikan dengan adanya lampiran mengenai cover buku kumpulan sajak Kidang Kawisaya, daftar siswa SMP Negeri 2 Kramatmulya Kelas VIII-D, lembaran instrumen berupa soal-soal tes teori dan lembar jawaban siswa, serta surat keterangan melaksanakan penelitian. Berdasarkan hasil kolaborasi antara hasil tes uji coba, kriteria pemilihan dan penentuan bahan pengajaran membaca sajak, serta respon siswa terhadap bahan pengajaran, hasilnya adalah 6 (26%) siswa yang tingkat kelulusannya tinggi dan 17 (74%) siswa yang tingkat kelulusannya rendah. Akan tetapi, hasil tersebut tidak selamanya bisa menjadi patokan sesuai tidaknya bahan pengajaran bisa diajarkan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor waktu, faktor kesiapan mental dan faktor kesiapan intelektual siswa terhadap proses tes uji coba.
Downloads
References
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Sunda. Bandung.
Iskandarwassid. 1992. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Geger Sunten.
Isnendes, Chye Retty. 1999. Kumpulan Sajak Kidang Kawisaya. Jakarta: Girimukti Pasaka.
Rahmanto, B., 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Siswanto. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
STKIP Muhammadiyah Kuningan, LP3M. 2015. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kuningan.
Suyatna, Amir. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa. Bandung.
Waluyo, Herman J. 1991. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2016 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya