ANALISIS SISTEM PEMERINTAHAN DALAM NOVEL PRABU WANGISUTAH KARANGAN YOSEPH ISKANDAR UNTUK BAHAN PEMBELAJARAN MEMBACA NOVEL SISWA KELAS XI SMA

  • Imas Nurul Aini STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Hasil penelitian menyimpulkan sebuah novel Prabu Wangisutah menceritakan raja tingkat selanjutnya memimpin dan mengatur pemerintahan di Sunda. Pemeran utama adalah Wastu Kancana atau Prabu Wangisutah. Pemerintahan novel terlihat ketika Prabu Bunisora Suradipati meminta Wastu Kancana untuk menukar raja, dan lebih lagi ketika Prabu Bunisora Suradipati meminta Wastu Kancana untuk menikah karena anak dapat menjadi penerus raja dan sistem pemerintahan berlanjut di Sunda. novel terlihat bahwa bentuk negara ini adalah raja karena pemimpin negara adalah seorang raja. Dan struktur pemerintahannya sekarang adalah federasi, karena novel tersebut banyak menceritakan tentang raja-raja di Sunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dan hasil penelitian terhadap materi membaca novel di kelas sebelas SMA.

Keywords: Novel, pemerintah, membaca novel, bahan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Bandung.
Guntur Tarigan, Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Herimanto, dan Winarno. 2014. Ilmu sosial & Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kencana Syafiie, Inu. 2014. Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Koswara,
Dedi. 2010. Racikan Sastra. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Suyatna, Amir. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Bahasa. Bandung: FPBS UPI.
Published
2016-04-25
Section
Articles
Abstract viewed = 131 times
pdf downloaded = 349 times