NASKAH PUNIKA PARAGI NGARUWAT: KAJIAN FILOLOGIS DAN TELAAH FUNGSI TEKS

  • Eva Dewi Nurlatifah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan kebermanfaatan naskah kuno Sunda yang ada di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman mengenai isi dan fungsi yang termuat di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas isi serta fungsi naskah Sunda melalui proses transliterasi, terjemahan, serta menganalisis telaah fungsi berdasarkan fungsi teks mantra dan fungsi teks keagamaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah naskah Sunda Punika Paragi Ngaruwat. Naskah ini terdiri atas empat judul teks di dalamnya yang kemudian diklasifikasikan sebagai teks puisi mantra dan teks keagamaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian: 1) hasil transliterasi  naskah Punika Paragi Ngaruwat; 2) deskripsi naskah; dan 3) hasil kajian fungsi teks mantra berdasar pada teks dan konteks pusisi serta telaah fungsi keagamaan berdasarkan akidah, syari’ah, dan ahlak.

Keywords: fungsi teks mantra, fungsi naskah keagamaan, naskah Punika Paragi Ngaruwat, transliterasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrulzaman, A. I., & Kosasih, A. (2018). Teori Filologi dan Penerapannya, Masalah Naskah- Teks dalam Filologi. Jumantara, 9(2), 1-26.

Barried, S. B. (1985). Pengantar Teori Filologi (N. Hasjim, ed.). Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Darmoko. (2017). Ruwatan: Upacara Pembebasan Malapetaka Tinjauan Sosiokultural Masyarakat Jawa. Makara, Sosial Humaniora, 6, 30–36.

Effendi, A. S. (2014). Nilai-Nilai Keislaman dalam Peribahasa Sunda untuk Menggambarkan Bahan Ajar Bahasa Sunda Berasis Karakter di SMP. Lokabasa, 5(1), 1-25.

Ekadjati, E. S. (1988). Naskah Sunda: Inventarisir dan Pencatatan. Bandung: Universitas Padjajaran.

Fachrurrofi, F. (2019). Tradisi Babanyo di Kabupaten Bandung Barat untuk Bahan Pembelajaran di SMA. Lokabasa, 10(1), 43–52.

Fathurahmah, A. T.. (2021). Nilai Budaya dan Agama dalam Naskah “Kitab Mi’raj Kangjeng Nabi Muhammad saw.” Lokabasa, 12(1), 1-11.

Isnendes, R. (1998). Analisis Puisi Mantra di Kacamatan Nagrak Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Koswara, D., Permana, R., & Suherman, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Guha Karang Legok Pari Karya Hidayat Susanto. Lokabasa, 11(2), 127-135.

Koswara , D., Dallyono , R., Suherman , A., & Hyangsewu , P. (2021). The Analytical Scoring Assessment Usage to Examine Sundanese Students’ Performance in Writing Descriptive Texts. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 573-583.

Mardalis, S. (1989). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. Melandi, R. V. (2013). Nilai Agama dalam Wawacan Hikayat Hasan Shoig Bashri untuk Bahan

Ajar embaca di SMA Kelas XII. Lokabasa, 4(2), 153-161.

Nurdin, M., dkk. (1993). Moral dan Kognisi Islam (Buku Teks Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum). Bandung: Alfabeta.

Nurmala, R. T., & Suherman, A. (2021). Aspek Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek Layung Karya Aam Amilia. Lokabasa, 12(2), 169-180.

Oman Fathurahman. (2015). Filologi Indonesia Teori dan Metode. Ruhaliah. (2017). Sajarah Sastra Sunda. Bandung: UPI Press.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Ruhaliah. (2020). Filologi. Bandung: UPI Press.

Rusyana, Y. (1970). Bagbagan Puisi Mantra Sunda. Bandung: Projek Penelitian Pantun dan Folklore Sunda.

Saddhono, K., Ridwan, M., Suherman, A., Anwar, K., & Putri, N. Q. H. (2020, July). The Development of Interactive E-book of Teaching Indonesian for Speaker of Other Language (TISOL) Containing Local Wisdom with Scientific-Thematic Approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1573, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.

Sudibyo. (2007). Kembali ke Filologi: Filologi Indonesia dan Tradisi Orientalisme. Humaniora, 19(2), 107–118.

Sugiana, U. (2014). Tradisi Ngayun di Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang (Kajian Struktural-Semiotik). Lokabasa, 5(1), 104-110.

Suherman, A. (2017). Wawacan Pandita Sawang sebagai Naskah Keagamaan: Tinjauan Kedudukan dan Fungsi. Manuskripta, 7 (2), 34-48.

Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271.

Suherman, A., Ma’mun, T. N., Darsa, U. A., & Ikhwan, I. (2021). The Values of Local Wisdom in Wawacan Pandita Sawang Manuscripts. Lokabasa, 12(2), 233-243.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman, dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa,

Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi.” Jurnal Literasiologi, 1(2), 144-159.

Suryana, D., Sejati, A. P., & Suherman, A. (2021). Realisasi Active Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Konteks Pendidikan Keperawatan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 22(1), 67-81.

Published
2021-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 391 times
pdf downloaded = 527 times