ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI MORAL DALAM NOVEL SITI RAYATI KARYA MOH. SANOESI

  • Ratih Fauziah
  • Heti Triwahyuni STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rasa penarasan terhadap novel Siti Rayati karya Moh. Sanoesi yang direkomendasikan dinas Pendidikan, memiliki struktur unik juga mengandung moral kehidupan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan struktur dan nilai moral dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktur sastra. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Tehnik penelitian menggunakan studi pustaka dengan instrumen penelitian kartu data. Hasil penelitian, tema novel tersebut yaitu tema keluarga. Alur yang digunakan yakni alur maju. Latar tempat yang ditemukan ada 55 latar waktu, 53 latar tempat, dan 10 suasana. Pelaku novel ada 18 yang terbagi menjadi pelaku utama, kedua, dan tambahan. Nilai moral dalam novel ada 18, mencangkup 8 hubungan manusia terhadap diri pribadi, 4 hubungan manusia dengan manusia lain, dan 6 hubungan manusia kepada Sang Pencipta.

Keywords: nilai moral, novel, struktur

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandarwassid. (1996). Kamus Istilah Sastra Pangdeudeul Pangajaran Sastra Sunda (2 ed.). CV Geger Sunten.

Nurasiah, I. (2017). Struktur jeung Ajén Moral dina Novél Surat Wasiat Karangan Samsoedi pikeun Bahan Pangajaran Apresiasi Sastra di SMP.

Nurhasyanah, I., & Ropiah, O. (2018). Analisis Struktural Jeung Ajén Moral dina Novél Kembang Asih Di Pasantrén Karya Edyana Latief. JALADRI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah), 4(1), 1–18.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Rostiyati, Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2019). Analisis Nilai Moral Pada Buku Buya Hamka Sebuah Novel Biografi Karya Haidar Musyafa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 39–47.

Sandy Fajar, Sumiyadi, E. K. (2018). Analisis Struktural jeung Nilai Moral Cerita Pendek Pilihan Surat Kabar Republika 2018. Seminar Internasional Riksa Bahasa XII, 1781–1790.

Sufa, R. F. (2018). Pesan Moral Dalam Novel Anak Rantau Karya a . Fuadi Dan Kemungkinan Sebagai Dengan Menggunakan Pendekatan Struktural.

Published
2021-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 1583 times
pdf downloaded = 522 times