PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BASA SUNDA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBANG

PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BASA SUNDA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBANG

  • Ratnawati STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Yeni Nurnaeni STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menentukan hasil belajar siswa sebelum belajar jarak jauh siswa kelas XI SMAN 1 Subang, (2) menentukan hasil belajar siswa sesudah belajar jarak jauh siswa kelas XI SMAN 1 Subang, (3) menetukan pengaruh belajar jarak jauh pada hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Subang Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.  Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif  yang tujuannya untuk mencari informasi tentang hasil nilai siswa yang menunjukan kemampuan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Sunda. Hasil  dari penelitian ini yaitu : (1) hasil belajar Bahasa Sunda siswa Kelas XI SMAN 1 Subang sebelum PJJ tinggi dengan nilai rata-rata 82,86 dan standar defiasinya 2,180, (2). hasil belajar Bahasa Sunda siswa kelas XI SMAN 1 Subang ketika PJJ tinggi yang rata-ratanya 82,97 dan standar defiasinya 4,299, (3). ada pengaruh PJJ pada hasil belajar siswa dalam pelajaran Basa Sunda.  Ada kenaikan nilai rata-rata walaupun tidak signifikan.

Keywords: belajar jarak jauh, hasil belajar, bahasa sunda

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, M. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Dimyati, M. 2006 Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Jamaludin, J. 2020 Analisis Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sidamulya. STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Mardalis. 1995. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta. Bumi Aksara.

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta. Rineka Cipta

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Munir. 2009. Pangajaran Jarak Jauh Daring dan Komunikasi (TIK).

Muhajir. 1995. Metodolgi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Reka Serasih

Pramswari, L.P. 2014. Pembelajaran Bahasa Sunda di Wilayah perbatasan: Dilema implementasi Kurikulum 2013.

Purwanto, A, spk. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Purwanto, A, spk. 2020. Study Eksplorasi Dampak Pandemi Vovid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di SD. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Ramadan, Gilang & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press

Silaen Sofar dan Widiyono. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: In Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 1995. Metodologi Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta. Andi Offeet.

Taradisa, spk. 2020.Kendala yang Dihadapi guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh.

Shopyah,S. 2016.Pengaruh Penggunaan Android sareng E- Pembelajaran pada Hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang.

Wita. S. 2009. Pengaruh Penggunaan Metode Distance Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Study Pendidikan Agama di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk Siswa Kelas XI.

Published
2021-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 258 times
pdf downloaded = 213 times