PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS VII MTs NEGERI DARMA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, jumlah populasi penelitian ini terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 343 siswa. Karena jumlah populasi cukup besar maka diambil Quota Sampling. Secara acak sampel penelitian di ambil dari 2 kelas yaitu kelas VII-e dengan jumlah 37 siswa dan kelas VII-i dengan jumlah 38 siswa. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-e dan sebagai kelas kontrol adalah kelas VII-i. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau kuantitaif. Teknik yang dipergunakan adalah observasi berupa tes tulis, untuk mengetahui kemampuan siswa sesudah menggunakan modél Numbered Head Together (NHT). Berdasarkan hasil analisis data yang membuktikan uji hipotesis dengan thitung (6.68) sedangkan ttabel (1.993) dari derajat kebebasan 73 serta taraf kapercayaan 0.05 sehingga thitung (6.68) > ttabel (1.993). dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara modél Numbered Heaad Together (NHT) terhadap kemampuan siswa dalam menyimak dongeng di kelas VII MTs Negeri Darma.
Downloads
References
Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pakem. Bandung: Sega Asri.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fathurrohman, Pupuh jejung M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Faturohman, Taufik. 1983. Ulikan Sastra. Bandung: Djatnika.
Iskandarwassid. 1996 Kamus Istilah Sastra. Bandung: Geger Sunten.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFEE-Yogyakarta.
Sjamsuri, Elin. 2012. Sasakala Talaga Warna. Bandung: Kiblat.
Sudaryat dan Rahman. 2009. Model-model PangajaranBahasa dan Sastra Sunda. Bandung: JPBD.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika.
Suyatna, Amir. 2002. Pengantar Metodologi Penelitian Pendididkan dan Pengajaran Bahasa. Bandung: UPI FPBS PBID.
Tamsyah, Budi Rahayu. 1996. Pangajaran Sastra Sunda. Bnajar.Pustaka Setia.
Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Zaidan Abdul Rojak Dkk. 2004 Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
http://id.wikipedia.org/wiki/Madrasah_tsanawiyah diakses tanggal 10 april 2015 jam 09.00.
http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/01/pembelajaran-kooperatif-tipe- jigsaw.html diakses selasa 24 maret 2015 jam 12.35
https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-nht- numbered- head together/diakses seasa 24 maret 2015 jam 12.35
https://tekadpangestu.wordpress.com/2012/10/19/dongeng-wangenan- jeung- papasingan/ diakses tanggal 10 april 2015 jam 09.00
Copyright (c) 2018 JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi di Jaladri: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. Dengan mengirimkan artikel/naskah artikel, penulis menyetujui kebijakan ini. Tidak diperlukan dokumen khusus.
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh Creative Commons Attribution - lisensi ShareAlike seperti yang saat ini ditampilkan pada Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah diterbitkan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang sepenuhnya dimiliki oleh penulis dan bebas dari hak pihak ketiga mana pun, dan izin tertulis apa pun yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda adalah menyebarkan artikel yang diterbitkan secara gratis. Di bawah lisensi Creative Commons, Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda mengizinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan menampilkan karya. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda yang mendistribusikan karya di jurnal dan media publikasi lainnya.
4. Hak Penulis
Penulis mempertahankan seluruh haknya atas karya yang diterbitkan, seperti (namun tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
a. Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel tersebut, seperti hak paten,
b. Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya-karyanya di masa depan, termasuk ceramah dan buku,
c. Hak untuk memperbanyak artikel untuk kepentingan sendiri,
d. Hak untuk mengadakan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan artikel (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini (Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda).
5. Penulisan Bersama,
Jika artikel disiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua rekan penulis untuk menyetujui pemberitahuan (perjanjian) hak cipta dan lisensi ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan rekan penulisnya mengenai ketentuan kebijakan ini. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak bertanggung jawab atas segala hal yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda hanya akan berkomunikasi dengan penulis terkait.
6. Royalti
Menjadi jurnal yang dapat diakses secara terbuka dan menyebarkan artikel secara gratis di bawah ketentuan lisensi Creative Commons yang disebutkan, penulis menyadari bahwa Jaladri: Jurnal Ilmiah program Studi Bahasa Sunda tidak memberikan hak kepada penulis untuk royalti atau biaya