ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENGATURAN KOMPLAIN BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI PT. SERPONG MEGA SUKSES

  • Saffira Lindra Putri Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dyah Puteria Wati STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Perusahaan saat ini berkembang sangat cepat, suatu bisnis akan dapat berhasil apabila didukung oleh teknologi. Tetapi dukungan dari teknologi informasi saja tidak cukup, untuk itu diperlukan tenaga ahli dan yang paling penting adalah komitmen manajemen perusahaan untuk membuat pelanggan tetap loyal. Customer Relationship Management (CRM) merupakan suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan dimata pelanggan. Saat ini penanganan komplain pelanggan di PT. Serpong Mega Sukses belum maksimal, dikarenakan belum adanya manajemen komplain yang baik. Hal tersebut menyebabkan pelanggan harus melakukan komplain berkali-kali atau bahkan langsung melakukan komplain langsung ke pihak yang lebih tinggi agar dapat ditangani secara cepat. Dengan rancangan sistem berbasis web ini, diharapkan dapat menyelesaikan masalah ketidakpuasan pelanggan di PT. Serpong Mega Sukses

Keywords: customer relationship management, komplain, rancangan sistem berbasis web

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-01
Section
Articles
Abstract viewed = 115 times
PDF downloaded = 152 times